Bagaimana mengatasi lovebird birahi dan mengaturnya

3/08/2016
Sebagai burung yang kerap dilombakan, lovebird membutuhkan kondisi yang benar-benar siap agar bisa tampil lebih maksimal ketika diperlukan. Untuk tujuan tersebut, banyak lovebird mania yang memfokuskan diri dalam mengatasi birahi lovebird dan mengaturnya dalam perawatan hariannya. 

mengatasi lovebird birahi



Mengatur birahi lovebird sebelum dilombakan merupakan sesuatu yang cukup penting yang bertujuan agar burung bisa tampil dengan sangat sempurna.


Bisa anda bayangkan, ketika dalam sebuah lomba, burung yang belum memiliki kondisi birahi yang cukup, maka cenderung mudah ngedrop atau kalah mental. Begitu pun ketika terlalu birahi, yang ada si burung cenderung bersifat nakal, seperti ngeruji, mengejar-ngejar lawan tanpa bisa tampil dengan maksimal.
 

Mengatasi birahi lovebird bisa dilakukan dengan melakukan pola perawatan yang tepat, terutama beberapa hari sebelum burung dilombakan. 

Beberapa perlakuan istimewa yang bisa dilakukan untuk menjaga birahinya antara lain: 


  1. Memberikan pakan biji-bijian berupa milet putih tanpa campuran pakan biji yang lain, kecuali biji kuaci yang diberikan 3 - 5 butir setiap seminggu sekali.
  2. Setiap hari burung selalu dimandikan.
  3. Ketika burung terlalu birahi, maka tindakan yang bisa dilakukan adalah mengawinkannya, karena jika tidak dilakukan maka si burung (terutama jika berjenis kelamin jantan) akan memiliki kebiasaan yang sulit disembuhkan yaitu ges-tang atau gesek tangkringan. 
  4. Jika burung dirasa kurang bergairah maka bisa diberikan penjemuran yang cukup.
  5. Bermain dengan EF atau pakan tambahannya, hal ini diperlukan karena masing-masing individu lovebird berbeda karakter dengan yang lain. Ada yang langsung ON ketika selalu diberikan kangkung atau pun jagung muda. Jadi untuk masalah ini, sebaiknya bisa lebih cermat memilih pakan yang terbaik menurut anda sendiri. 

Itulah beberapa tips terkait bagaimana menjaga birahi burung lovebird agar bisa tampil maksimal.


Semoga manfaat 





Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close