Merawat mozambik agar cepat gacor

3/26/2016
Dalam dunia internasional mozambik dikenal dengan nama Green singing finch atau Yellow-fronted canary. Penyebutan mozambik merujuk pada nama ilmiahnya yaitu Serinus mozambicus. Burung ini merupakan kerabat terdekat kenari yang berhabitat di sub-Sahara Afrika, terutama di daerah kering dan semi-kering. 

Mozambik atau Serinus mozambicus



Mozambik merupakan jenis burung yang cukup digemari sebagian besar kicaumania di Indonesia. Suaranya yang ngerol dan penuh variasi menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk memeliharanya. Selain dipelihara sebagai klangenan, mozambik sering dipelihara dalam kandang aviary atau koloni bersama-sama spesies burung finch lainnya. Bahkan kini pun sudah banyak kicaumania yang berhasil menangkarkan dan menjual hasil tangkarannya ke pasar-pasar burung.

Membedakan jantan dan betina mozambik

Selama ini, burung jantan dianggap memiliki suara yang ngerol dan penuh variasi, sedangkan betina yang walaupun memiliki kemampuan untuk berkicau seperti jantan namun suaranya cenderung pendek dan terkadang monoton.

Membedakan jantan dan betina mozambik bisa dilakukan dengan memperhatikan perbedaan yang terdapat pada penampilan dan warna bulunya, terutama di bagian muka dan lehernya.


Burung jantan memiliki garis hitam yang lebih tebal dan tegas dibagian muka dan lehernya dibandingkan burung betina yang garis hitamnya cenderung memudar. Jika diperhatikan, penampilan burung betina ini sangat mirip dengan penampilan mozambik muda. 






Merawat burung mozambik agar cepat gacor

Burung mozambik berasal dari daerah yang beriklim panas, karena itu dalam perawatannya kita bisa mengadaptasikan dalam perawatan hariannya. Misalnya dengan menjemur burung secukupnya setiap hari.

Salah satu pakan favorit mozambik adalah sayur-sayuran yang berwarna hijau. Dibandingkan jenis burung finch lainnya, mozambik dikenal sangat menggemari pakan sayur-sayuran tersebut. Karena itu, dalam perawatan hariannya, ketersediaan sayur-sayuran hijau harus selalu kita jaga untuk memenuhi kebutuhannya, terutama saat sedang dijemur dan beraktivitas. Karena mengkonsumsi pakan sayuran merupakan salah satu cara dari burung untuk mendapatkan air guna menyeimbangkan panas tubuhnya.

Salah satu jenis dedaunan yang bisa membuat burung mozambik bertambah rajin bunyi adalah daun dandelion atau randa tapak, daun ini dipercaya bisa membuat burung semakin aktif dan rajin berbunyi. Selain itu, anda juga bisa mencoba memberikan krokot selain pakan daun-daunan segar lainnya.

Sedangkan untuk pemberian pakan biji-bijiannya, anda bisa memberikan pakan berupa campuran milet dan niger seed. Mozambik dikenal sangat pemilih dalam mendapatkan makanannya, pemberian campuran biji-bijian seperti yang terdapat dalam pakan kenari cenderung akan membuat burung mengacak-acak makanannya tersebut.

Pakan tambahan yang diberikan adalah telur puyuh rebus. Telur rebus tersebut sebaiknya tidak diberikan setiap hari karena cenderung akan membuat burung mudah gemuk dan malas berbunyi.

Demikianlah tips bagaimana merawat burung mozambik agar cepat gacor



Salam kicau
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close