Tips dongkrak stamina cucak hijau dengan kroto segar

3/18/2016
Sebagai pakan tambahan, kroto memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi semua jenis burung peliharaan tak terkecuali cucak hijau. Kroto diyakini bisa membantu mendongkrak stamina burung cucak hijau jika diberikan dengan takaran yang sesuai. Berikut tips dongkrak stamina cucak hijau dengan kroto segar.

 dongkrak stamina cucak hijau dengan kroto



Ada kalanya burung cucak hijau yang kita pelihara tampak kurang bersemangat atau ngedrop staminanya. Burung cenderung lebih banyak diam di tenggerannya dan terkadang disertai dengan kondisi bulu yang dikembangkan. Alhasil burung pun jadi jarang mengeluarkan suara kicauannya yang merdu itu. 

Untuk mengatasi masalah cucak hijau yang kurang bersemangat atau ngedrop staminanya. Kroto bisa menjadi solusi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Pemberian kroto bersih yang masih segar bisa membantu burung mendapatkan energi tambahan untuk mengumpulkan staminanya kembali. Dengan kata lain, kroto yang masih segar dan bersih bisa membantu mendongkrak stamina cucak hijau.

Kroto yang diberikan haruslah yang masih segar dan bersih dari segala macam kotoran berupa potongan ranting, sobekan daun dan semutnya. Berikan kroto dalam betuk telur kapsul atau larva sebanyak satu sendok teh jika melihat burung cucak hijau anda tampak kurang bersemangat atau ngedrop staminanya.

Jika tidak memungkinkan, kroto bisa disimpan dalam lemari pendingin (kulkas) dan sebelum digunakan sebaikna diangin-anginkan dulu sebentar sampai suhu kroto sama dengan suhu ruangan (tidak dalam kondisi masih dingin), setelah itu baru diberikan pada burung.

Kroto memang lebih baik diberikan hanya ketika burung cucak hijau terlihat kurang bersemangat dan tidak dijadikan sebagai pakan tambahan hariannya untuk mencegah kebiasaan. Untuk hariannya burung cukup diberikan pakan berupa pisang kepok putih yang masih segar dan diolesi sedikit bagian permukaannya dengan madu, dan pakan tambahan serangga seperti jangkrik atau ulat hongkong.

Untuk membantu mendongkrak stamina burung cucak hijau, kroto bisa diberikan secara rutin setiap beberapa hari sekali, misalnya dua - tiga hari sekali.  Dengan begitu, burung cucak hijau tersebut akan terus mendapatkan tambahan energi baik dari pakan hariannya dan juga pakan kroto tambahannya.

Pemberian multivitamin seperti BirdVit sangat diperlukan untuk menjaga kondisi dan kesehatannya agar burung tetap bugar, sehingga bisa tampil dengan lebih maksimal.

Semoga manfaat dan salam kicau

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus