Ini dia, pakan racikan agar ciblek lebih ngotot

4/19/2016
Selain latihan  rutin dan pemasteran, burung ciblek membutuhkan asupan pakan yang tinggi nutrisi agar tetap rajin mengeluarkan suara tembakannya. Untuk memenuhi kebutuhannya itu banyak kicaumania membuat pakan racikan sendiri untuk burung mereka. Salah satunya adalah pakan racikan berikut yang bisa membuat ciblek tampil lebih ngotot dan cepat gacor.


pakan racikan ciblek



Ciblek dikenal sebagai jenis burung petarung /fighter yang cukup aktif. Untuk menunjang sifat dan karakternya itu maka pemberian pakan harus menjadi perhatian utama dalam perawatan hariannya. Dengan begitu, mereka akan tetap lincah, langsing, aktif dan mempunyai mental yang baik sehingga selalu siap untuk dilombakan. 

Perawatan ciblek yang terkesan asal dan tanpa didukung oleh pemberian pakan tinggi protein dan nutrisi seperti yang biasa diperolehnya dari pakan tambahannya (EF) cenderung akan membuat burung jadi kurang aktif dan malas berkicau. Ciri-ciri ciblek yang kekurangan protein adalah sering mengembangkan bulu-bulunya dan gerakannya yang lamban. 

Untuk mendukung hal tersebut selain diberikan pakan serangga sebagai extra foodingnya, banyak ciblek mania memberikan pakan voer khusus yang dianggapnya lebih terjamin kandungannya.  Pakan tersebut umumnya dibuat sendiri dengan cara mencampurkan beberapa bahan tambahan ke dalam  voer kering yang biasa dikonsumsi burung. 

Berikut cara meracik pakan tambahan untuk burung ciblek agar tetap gacor dan bermental ngotot.  

Bahan yang diperlukan: 

1 bungkus voer khusus ciblek
1 bungkus tepung kroto kering
1 bungkus tepung jangkrik
1 sachet susu bubuk putih
1 bungkus bubur bayi sereal rasa kacang hijau atau beras merah
4 butir minyak ikan 
2 butir telur ayam / bebek 

Cara membuat 
  • Campurkan voer halus, tepung kroto, tepung jangkrik, susu bubuk, bubur bayi dan minyak ikan ke dalam sebuah wadah lalu diaduk hingga bercampur merata.
  • Telur direbus lalu diambil bagian yang kuningnya saja, dan dicampurkan ke dalam adonan pakan hingga merata. 
  • Untuk mencampur semua bahan-bahan tersebut bisa menggunakan mixer atau blender. 
  • Masukkan pakan ke dalam wadah kedap udara atau toplesnya, setelah itu simpan di tempat kering.  
Cara pemberian: 

Pakan racikan yang selesai dibuat itu bisa diberikan setiap hari sebagai pakan utama / pengganti voernya. Meskipun burung ciblek mendapatkan pakan racikannya itu namun perlu diperhatikan juga pemberian pakan tambahan serangganya, terutama jangkrik, kroto dan ulat hongkong. Dengan begitu stamina burung akan tetap terjaga, sehingga ciblek pun akan menjadi lebih rajin dan bisa tampil lebih ngotot. 

Semoga bermanfaat


Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait