close
close


Merawat cucak hijau rumahan agar tampil maksimal

Sering terjadi burung cucak peliharaan tidak mau tampil dengan maksimal meskipun sudah dirawat sesuai perawatan hariannya. Burung cenderung sering mengembangkan bulu-bulunya dan jarang mau berbunyi lantang. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut adalah tips perawatan cucak hijau rumahan agar lebih maksimal. 


Merawat cucak hijau rumahan


Cucak hijau adalah peniru ulung, kemampuan dan kecepatannya meniru suara masteran dianggap lebih baik dari murai batu bahkan kacer. Bukan itu saja, lantangnya suara kicauan cucak hijau terkadang sangat tergantung dari burung masterannya, semakin lantang suara masteran semakin lantang pula cucak hijau akan berbunyi, begitu pun sebaliknya.

Oleh karena itu sering ditemui burung cucak hijau yang cenderung bersuara pelan atau ngeriwik saja ketika sering digantang bersama-sama burung lain yang mempunyai suara tidak begitu kencang. Namun begitu, hal tersebut sangat bergantung pada karakter dan kondisi cucak hijau tersebut. 

Selain pemasteran, kebutuhan pakan yang tidak tercukupi terutama asupan gizi dan nutrisinya bisa menjadi penyebab mengapa cucak hijau cenderung bersuara pelan. Dari segi perawatan umumnya terjadi akibat perawatan yang kurang mendukung, misalnya kurang jemur atau jarang dimandikan. 

Beberapa perawatan berikut bisa membantu burung cucak hijau rumahan bisa tampil dengan lebih maksimal. 

  • Pengembunan bisa menjadikan burung lebih segar, terutama ketika mendapatkan sinar matahari pagi yang banyak mengandung vitamin D yang dibutuhkan. 
  • Saat pagi hari, pemberian kroto yang berupa kapsul (telur kroto) bisa membantu menambah stamina burung. Berikan kapsul kroto setiap pagi hari sebanyak 5 butir. 
  • Oleskan madu pada permukaan pisang kepok putih yang menjadi pakan utama burung cucak hijau. 
  • Jangkrik sebagai pakan tambahan diberikan sebanyak 3 - 5 ekor pada pagi dan sore hari, atau tergantung kebiasaannya. 
  • Beberapa hari sekali ganti buah pisang dengan sepotong jeruk manis, jika burung tidak mau mengkonsumsinya pemberiannya cukup dilakukan dengan cara diperas lalu air perasannya disimpan dalam cepuk minumnya. 
  • Mandikan burung pada pagi atau sore harinya, cara memandikan cucak hijau bisa dilakukan dengan meletakkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya, atau jika sudah terbiasa bisa menggunakan semprotan atau karamba mandinya. 
  • Agar rajin berkicau dengan suara yang kencang, untuk hariannya sebaiknya cucak hijau tersebut digantung bersama-sama dengan burung lain yang dominan bersuara lantang dan penuh tembakan misalnya ciblek yang rajin ngebren, cucak jenggot, atau lainnya. 

Jika perawatan di atas sudah dilakukan dan belum ada perubahan berarti pada burung tersebut, maka pemberian BirdSlim bisa menjadi pilihan yang bijaksana. BirdSlim membantu burung memulihkan stamina sehingga membuatnya bisa tampil lebih maksimal dan lebih ngotot.



Semoga bermanfaat

Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas