Rawatan minimalis poksay hongkong

4/30/2016
Poksay hongkong (Garrulax chinensis) adalah satu dari beberapa jenis burung poksay yang dikenal dengan suaranya yang merdu. Selain itu, spesies burung ini juga memiliki tarian yang cukup unik. Perawatannya cukup mudah, bahkan rawatan minimalis pun mampu menjadikannya rajin berbunyi. 

Rawatan minimalis poksay hongkong



Poksay hongkong bukan termasuk jenis burung yang umum atau tersebar di Indonesia. Jenis burung ini masuk ke pasaran sebagai burung impor. Keberadaannya yang cukup langka di pasaran membuat harganya kian melambung tinggi.  

Jenis poksay hongkong yang memiliki suara kicauan mengalun merdu dan peuh variasi adalah burung yang berjenis kelamin jantan. Walaupun tidak mempunyai kemampuan meniru suara sebagaimana burung kicauan populer lainnya, namun poksay hongkong jantan punya kicauan yang cukup variatif.

Membedakan antara poksay hongkong jantan dengan betinanya cukup sulit, terlebih lagi keduanya memiliki penampilan yang sama persis. Namun, burung betina tidak memiliki suara semerdu dan sevariasi burung jantan. Suara poksay hongkong betina cenderung memanggil saja, yang terdengar seperti suara "krr...krrr...krrr" yang halus.  

Rawatan minimalis poksay hongkong  
Sebagaimana jenis burung poksay lainnya, perawatan poksay hongkong tidak terlalu jauh berbeda. Tidak ada perlakuan khusus atau istimewa yang bisa membuatnya rajin berbunyi. Poksay hongkong memiliki karakter sebagai burung yang bawel dan cerewet. Begitu mendengar suara burung sejenisnya, mereka akan langsung bernyanyi dengan merdunya. 

Dalam perawatan hariannya, anda bisa menyediakan pakan voer tinggi protein yang bisa membuat burung lebih rajin berbunyi. Selain itu, berikan juga pakan berupa buah-buahan setiap beberapa hari sekali. Buah yang bisa diberikan antara lain pisang dan pepaya. Sedangkan untuk pakan tambahannya, cukup diberikan jangkrik seperlunya saja. 

Hal terpenting dalam perawatan poksay hongkong agar rajin berbunyi adalah rajin memandikan burung. 

Demikianlah, tulisan mengenai perawatan minimalis poksay hongkong agar rajin berbunyi. 

Semoga manfaat


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...