Beberapa faktor pendukung anis merah cepat bersuara ngeplong

5/18/2016
Kunci dalam perawatan burung anis merah agar cepat mengeluarkan suara ngeplongnya adalah perawatan yang konsisten. Perawatan tersebut bisa terdiri dari berbagai macam bentuk perlakukan yang secara khusus diterapkan pada burung. Tips berikut akan memandu anda, bagaimana perawatan anis merah agar lebih cepat mengeluarkan suara lantangnya alias ngeplong.







Selama ini, kicaumania lebih terpaku pada pemberian pakan tambahan (EF) untuk membuat burung anis merah miliknya mau berbunyi. Secara umum, pakan tambahan yang cocok memang bisa membuat burung cepat berbunyi. Namun efeknya biasanya hanya sementara, sedangkan untuk membuat burung agar rajin mengeluarkan suara kicauannya itu maka beberapa faktor-faktor berikut harus lebih diperhatikan. 

Full kerodong 

Pemberian full kerodong perlu dilakukan terutama untuk membuat burung anis merah merasa 'lebih nyaman' tanpa merasa terganggu oleh faktor eksternal. Full kerodong bisa dilakukan setiap hari (burung hanya dibuka ketika diembunkan dan dijemur), atau dilakukan setiap siang hari hingga malam dan sampai pagi harinya. 

Penempatan sangkar 

Tempatkan sangkarnya di lokasi yang dianggap nyaman. Nyaman di sini memiliki arti lokasi yang sejuk dengan sirkulasi udara yang segar, dan jauh dari jangkauan atau lalu lalang hewan-hewan liar maupun perusak.

Memberikan sedikit kroto

Setiap kali burung akan diembunkan, maka berikan sejumput kroto bersih dan segar pada waktu sore hari sebelum burung akan diembunkan esok paginya. Jika sempat berikan juga terapi mandi malam pada malam harinya. 

Pengembunan 

Pengembunan rutin membantu burung lebih sehat dan cepat bersuara ngeplong. 

Memancing burung berbunyi

Memancing anis merah berbunyi cukup dilakukan dengan meletakkan sangkarnya dekat sumber air yang mengalir, atau suara ramai lainnya seperti suara radio, suara burung yang sangat recet atau suara terapi.  Jika dilakukan secara terus menerus, maka burung akan cepat terpancing untuk mengeluarkan suara ngeplongnya. 


Salam kicau
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...