Cara menangkap burung yang lepas dengan menggunakan sangkar jebakan

5/05/2016
Berbagai jenis sangkar burung banyak dijual di pasar dan kios burung, termasuk juga sangkar yang dikhususkan untuk menjebak burung yang lepas. Berbeda dari sangkar harian yang umum digunakan, sangkar jebakan umumnya terdiri dari dua ruangan. Berikut tips menangkap burung yang lepas dengan menggunakan sangkar jebakan. 





Sangkar jebakan yang umum ditemukan di pasar dan kios burung kebanyakan adalah sangkar yang terdiri dari dua pintu pada bagian atasnya. Pintu tersebut akan menutup ketika tenggeran pemicu yang terletak di dalam ruang jebakannya terinjak oleh burung. Kencang atau tidaknya pintu tersebut menutup sangat tergantung pada setelan karet/pegas yang digunakan. 

Bagian bawahnya adalah ruangan yang digunakan untuk menyimpan burung yang akan digunakan sebagai umpannya. Di dalamnya biasanya sudah disertakan sebuah tenggeran dengan tempat pakan dan minumnya.   

Ketika salah satu burung peliharaan kita lepas dari sangkarnya, sangkar jebakan akan menjadi sang penyelamat yang bisa membantu menangkap kembali burung yang lepas tersebut.  

Untuk menangkap burung yang lepas, maka sangkar jebakan bahan lain yang harus disiapkan adalah ulat hongkong. 

Pakan ini cukup digemari oleh berbagai jenis burung kicauan  sehingga bisa langsung menarik perhatian burung yang lepas tersebut. 


Sebanyak kurang lebih satu sendok ulat hongkong ditempatkan dalam sebuah wadah berukuran kecil. Wadah tersebut nantinya diletakkan dalam ruangan paling atas dari sangkar jebakannya.  

Sedangkan untuk hasil yang lebih efektif, anda bisa menyediakan burung lain sejenis yang digunakan sebagai umpan/jontrotnya. 

Burung tersebut bisa saja berjenis kelamin betina maupun burung yang sudah rajin berbunyi.  

Dengan begitu, burung yang lepas tersebut akan terpancing untuk mendekati sangkarnya. Pada saat melihat ulat hongkong, burung tersebut akan menginjak jebakan yang langsung menutup sangkarnya itu.  



Saat melakukan aksi jebak-menjebak itu, sangkar jebakan bisa diletakkan di bawah (dipermukaan tanah) atau di gantung pada ranting pohon yang berdaun jarang (tidak rimbun). Untuk memancing kedatangan burung yang lepas, anda bisa memutarkan beberapa audio burung untuk menarik perhatiannya. 

Berikut beberapa artikel terkait kandang jebakan untuk burung:

Kandang jebakan unik dari Vietnam
Ragam jenis kandang jebakan untuk burung

Menjebak burung dari masa ke masa

Selamat mencoba



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close