Tips perawatan pleci untuk pemula

5/03/2016
Burung kacamata atau lebih dikenal dengan sebutan pleci adalah jenis burung yang cukup digemari banyak kicaumania. Meskipun bertubuh kecil, namun pleci dikenal mempunyai suara yang cukup nyaring. Selain itu, suara ngalas dan ngerolnya itu loh yang menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pemula. Berikut tips perawatan burung pleci untuk pemula.

tips pleci untuk pemula


Pleci dikenal sebagai burung koloni, oleh karena itu, jika anda hendak memelihara spesies burung ini, maka usahakan untuk memelihara lebih dari satu ekor burung di rumah. Dengan begitu, masing-masing burung akan saling terpancing untuk berbunyi, dan hal itu bisa mempercepat proses ngeplong/buka paruhnya. 

Memilih burung pleci bakalan 

Di pasaran anda bisa temukan beragam jenis burung pleci yang populer, dan tentu saja anda bebas memilih jenis apa yang ingin dirawat di rumah. Tips berikut akan membantu anda dalam memilih pleci bakalan yang berkriteria baik. 

Tips memilih pleci bakalan: 
Sebelum membelinya, pastikan anda telah melakukan pengamatan terlebih dahulu, terutama untuk mengamati: 

  • Kondisi fisiknya yang sehat, lincah, rajin berbunyi, mulus dan tidak cacat.
  • Bentuk tubuh yang langsing dan panjang.
  • Ekor mengapit rapat membentuk huruf 'v' terbalik.
  • Lingkaran mata/kaca mata yang terlihat lebih tegas dan tebal.
  • Bentuk kepala ceper alias tidak bulat, paruh panjang dan leher jenjang.
  • Memiliki kaki-kaki yang kuat mencengkeram tenggerannya, tidak mudah goyah. 

Perawatan pleci bakalan 

Di rumah, burung pleci tersebut sebaiknya ditempatkan dalam sangkar dengan ukuran yang sesuai. Pilihlah sangkar yang kokoh dengan jeruji yang rapat untuk mencegah burung 'nyeplos' keluar sangkarnya. Jika memelihara lebih dari satu pleci, maka gantungkan semua burung dalam jarak aman (minimal 1 meteran). Berikut beberapa bentuk perawatan yang bisa terapkan.

  1. Pada pagi hari pleci dikeluarkan dari dalam rumah untuk pengembunan
  2. Berikan pakan berupa kroto sebanyak setengah cepuk dan ulat hongkong 2 ekor 
  3. Satu jam kemudian burung dimandikan dengan cara disemprot, bak mandi atau karamba mandinya secara bergantian.
  4. Setelah semua burung dimandikan, jemur pleci dengan cara sangkar yang berdekatan. Penjemuran bisa dilakukan dengan cara digantung atau diletakkan di bawah berdempetan.
  5. setelah dijemur selama kurang lebih 1 jam, burung dipindahkan ke tempat yang teduh sambil diberikan pakannya berupa ulat hongkong 2-3 ekor dan jangkrik kecil 1-2 ekor. 
  6. Jika diperlukan anda bisa melakukan pemasteran saat itu juga. 
  7. Pada sore harinya, burung kembali dimandikan dan dijemur dengan cara seperti disebutkan sebelumnya dalam poin 4. 
  8. Berikan pakan ulat hongkong sebanyak 2 ekor dan jangkrik kecil 2 ekor. 
  9. Setelah itu, biarkan burung beristirahat baik dengan cara dikerodong maupun tanpa kerodong. 

Pakan racikan untuk pleci 

Burung pleci adalah jenis burung mungil tapi memiliki sifat yang sangat aktif. Untuk mendukung hal tersebut, maka pleci butuh asupan pakan yang tinggi kandungan nutrisinya. Hal itu tentu bisa dilakukan dengan memberikan pakan voer dengan kandungan lengkap. Akan tetapi, untuk memenuhi kebutuhannya itu, biasanya pleci mania akan meracik sendiri pakan untuk mereka tersebut. 

Anda pun bisa meracik sendiri pakan untuk pleci tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat, beberapa jenis pakan racikan yang bisa anda buat bisa disimak lagi dalam tulisan berikut ini:



Selain dari perawatan-perawatan tersebut, hal lain yang termasuk penting untuk dilakukan yang bisa membantu pleci lebih cepat buka parauh, ngalas dan ngerol adalah rutin mengajak pleci jalan-jalan untuk bertemu pleci lainnya. Hal ini bisa dilakukan setiap akhir pekan bersama rekan-rekan sesama penggemar burung pleci di daerah anda. 

Itulah beberapa tips perawatan burung pleci terutama untuk pemula. Dengan melakukan perawatan yang rutin dan teratur, maka pleci peliharaan anda itu bisa menjadi burung yang membanggakan.

Salam kicau!
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus