Jenis-jenis pakan untuk burung kolibri aka burung-madu

6/14/2016
Burung kolibri yang sebenarnya bernama resmi burung-madu menjadi pilihan alternatif kicaumania yang ingin memelihara jenis burung yang bersuara bagus dengan gaya tarung yang khas. Spesies burung mungil dari keluarga nectariniidae ini terdiri dari beberapa jenisnya yang popular. Dalam perawatannya ada beberapa jenis pakan yang bisa diberikan untuk menjaga kondisinya. Berikut beberapa pakan terbaik unguk burung kolibri alias burung-madu. 

pakan burung kolibri

Ada beberapa spesies burung-madu yang cukup dikenal di kalangan kicaumania yang di antaranya memiliki sebutan kolibri ninja, kolibri kelapa, dan sebagainya. Dari masing-masing jenisnya tersebut, burung-madu dikenal sebagai jenis burung yang gemar menghisap nektar atau sari bunga, selain itu juga menyukai serangga-serangga kecil terutama laba-laba yang berukuran kecil.

Dalam perawatan hariannya, agar burung-madu aka kolibri tetap terjaga kondisinya sehingga tetap aktif dan rajin berbunyi, maka dibutuhkan asupan pakan yang tepat. Ada beberapa jenis pakan yang bisa ditawarkan pada burung kolibri yang baru anda pelihara, jenis-jenis pakan tersebut antara lain:

Voer halus

Banyak kolibri mania lebih suka memberi makan burung peliharaan mereka dengan voer halus. Dengan begitu burung tersebut akan selalu terpenuhi nutrisinya meskipun sedang ditinggal oleh perawatnya. Namun tidak semua burung mau mengonsumsi pakan voernya itu, terlebih burung bakalan dan tangkapan hutan. 

Agar burung kolibri mau memakan voernya, tentu perlu dilatih pengenalan terlebih dahulu dengan pakan tersebut. Adapun cara melatih burung kolibri makan voer bisa disimak lagi dalam tulisan berikut: Berbagai cara melatih burung makan voer.

Namun perlu diperhatikan dalam perawatannya, burung-madu atau kolibri memiliki bentuk paruh yang langsing dan panjang sehingga untuk memudahkan burung mencerna pakannya maka jenis voer yang diberikan haruslah dari jenis voer halus/lembut dengan kandungan nutrisi yang tersaji lengkap. 

Nektar 

Secara umum burung-madu atau kolibri adalah penghisap nektar atau sari bunga. Namun dalam perawatannya tentu tidak mudah mendapatkan nektar langsung dari bunga, apalagi cairan tersebut mudah sekali menguap begitu terkena udara. Alternatifnya anda bisa membuat nektar buatan dengan cara mencampurkan air matang dengan gula pasir dengan perbandingan 1:4. Nektar buatan tersebut juga memiliki kandungan yang hampir mirip dengan nektar yang tedapat dalam bunga. 

Baca lagi: Cara membuat nektar buatan untuk burung-madu dan pleci

Alternatif lain adalah memberikan satu cepuk madu asli/alam yang ditempatkan dalam cepuk terpisah.

Pakan tambahan 


Seperti juga burung peliharaan jenis lainnya, burung-madu pun membutuhkan asupan protein hewani yang bersumber dari serangga. Selain jangkrik berukuran kecil dan ulat kandang, kolibri atau burung-madu juga bisa diberikan pakan tambahan berupa laba-laba berukuran kecil sesuai kebiasaannya di alam. 

Alternatifnya adalah anda bisa menyediakan kroto sebanyak satu sendok teh kecil yang diberikan setiap pagi hari. 

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis pakan terbaik yang bisa diberikan pada burung kolibri. Untuk mengenali bagaimana cara merawat burung kolibri agar rajin bunyi dan tetap bugar, silakan simak kembali cara-cara perawatannya dalam tulisan berikut ini: 



Salam kicau! 
 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus