Melatih kenari rumahan bermental jawara

6/19/2016
Meskipun burung kenari dikenal sebagai jenis burung yang mudah berbunyi namun banyak kicaumania yang lebih menyukai burung yang rajin bunyi kapan dan di mana saja, termasuk di depan kenari lain dengan kemampuan yang sama. Bagi kenari rumahan atau yang cenderung bunyi di satu tempat saja, tentu butuh pelatihan untuk menyiapkannya agar selalu siap dilombakan Berikut cara melatih kenari rumahan bermental jawara



 Selama ini kenari yang rajin bunyi di rumah atau di satu tempat saja tapi begitu ditemukan lawannya malah ngetem alias ogah berbunyi disebut dengan istilah kenari rumahan atau jago kandang. Biasanya perilaku tersebut sering terjadi burung kenari yang masih muda atau belum pengalaman, serta kurang memiliki mental yang cukup. Untuk menyiapkan burung kenari menjadi bermental jawara/tarung, tentu burung tersebut harus dilatih terlebih dahulu. Berikut cara melatih burung kenari agar bermental jawara.   

Rutin melakukan pemasteran

Burung yang memiliki suara bervariasi cenderung akan merasa paling top dan sangat percaya diri dengan penampilannya. Untuk mendukung hal tersebut, pemasteran menjadi satu-satunya cara agar burung mempunyai lagu-lagu atau irama yang lebih bervariasi. 

Melatih burung di tempat ramai/latberan

Jika ada even latberan atau lomba burung dekat dengan rumah anda, cobalah untuk membawa burung kenarinya ke tempat tersebut, walaupun bukan untuk ikut berlomba namun sekedar melatih dan membiasakan mentalnya dengan suasana keramaian. 

Sering gonta-ganti posisi atau tempat gantungannya

Sangkar kenari yang selama ini hanya digantung di satu tempat saja cenderung akan membuat burung menjadi 'jago kandang', yaitu gacor hanya ketika sendirian saja. Karena itu untuk melatih mentalnya bisa dilakukan dengan cara sering merubah posisi dan letak gantungannya. 

Sering gonta-ganti sangkarnya

Selain menggantung burung dengan posisi dan letak yang berbeda-beda, ada cara lain yang bisa dilakukan setiap beberapa hari sekali yaitu memindahkan burung ke dalam sangkar yang lain. Dengan penggantian sangkar ini diharapkan kenari tersebut akan memikiki sifat mau berbunyi kapan dan di mana saja. 

Memberikan suplemen vitamin yang tepat

Perlu juga menjadi perhatian, meskipun burung kenari tersebut rajin bunyi dan bermental bagus, namun jika tidak didukung oleh kondisi tubuhnya maka mereka cenderung tidak mau menunjukkan sikap melawan. Karena itu, pemberian vitamin sangat diperlukan untuk menjaga kondisi dan mentalnya itu. 

Namun perlu diperhatikan, selain melakukan beberapa hal yang disebutkan di atas, jangan melupakan pula pola perawatan rutin lainnya yang juga sangat penting dalam menjaga kondisi dan mentalnya yaitu perawatan mandi, jemur, memberikan pakan yang lengkap dan kaya nutrisi, serta selalu menjaga kebersihan sangkar dan pakannya. 

Salam Kicau!
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait