Membuat pakan racikan untuk burung-burung kecil

6/27/2016
Burung-burung berukuran kecil seperti ciblek, pleci, gelatik wingko, kemade, burung-madu/kolibri, dan prenjak adalah jenis burung yang sangat lincah dan aktif. Untuk mendukung aktivitas hariannya tersebut maka mereka harus selalu mendapatkan asupan pakan yang kaya nutrisi. Selain bisa menjaga kondisinya, pemberian pakan yang tepat bisa membuat burung selalu aktif dan rajin berbunyi. Berikut cara membuat pakan racikan untuk burung-burung kecil. 


Di pasar dan kios burung bisa ditemukan aneka jenis pakan kemasan dengan harga yang bervariasi. Secara umum pakan-pakan tersebut sudah mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh burung peliharaan, namun tidak tidak memiliki unsur kandungan yang cukup lengkap. Itulah sebabnya dalam perawatan hariannya selalu ada pakan tambahan yang berupa buah-buahan atau serangga untuk melengkapi kebutuhan burung sehari-hari. 

Guna melengkapi kebutuhan nutrisi dari burung yang dipeliharanya, tak jarang kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan dengan menggunakan bahan makanan yang gampang ditemukan. Selain lebih terjamin kandungan nutrisinya, manfaatnya pun mampu membuat burung peliharaan menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi. Berikut pakan racikan yang bisa anda buat untuk burung-burung kecil. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 
  • Wortel
  • Tepung kacang kedelai 
  • Kuning telur rebus 
  • Udang kering
  • Vitamin 

Cara membuat 
Wortel dipotong/diiris kecil-kecil untuk memudahkan proses penggilingan 
Campurkan irisan wortel ke dalam tepung kacang kedelai.



Untuk menambah kandungan proteinnya anda bisa mencampurkan udang kering ke dalam adonannya. 



Aduk hingga bercampur merata, bisa juga menggunakan blender.
Adonan kemudian dibentuk menggunakan tangan hingga seperti perkedel setelah itu direbus selama lebih kurang 20 menit. 



Cara pemberian 
Adonan yang sudah dibentuk disimpan dalam lemari pendingin agar tahan lebih lama, ketika hendak menggunakanya cukup ambil satu buah, lalu dimasukkan dalam wadah/mangkuk. 


Ambil satu butir telur rebus (bagian kuningnya saja) lalu diaduk bersama adonannya hingga merata.
Jika diperlukan bisa ditambahkan dengan vitamin atau kalsium ke dalam campuran adonannya. 


Setelah itu, adonan bisa dikeringkan dalam oven atau dijemur di bawah sinar matahari, untuk kemudian diberikan pada burung, atau bisa juga langsung disajikan sebagai pakan utamanya. 



Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close