Solusi atasi burung kesulitan buang kotoran

6/07/2016
Sering ditemukan burung yang sulit sekali buang pup atau kotorannya. Pada kondisi tersebut si burung biasanya akan berjingkat-jingkat ketika mencoba mengeluarkan kotoran dari kloakanya. Dalam banyak kasus, masalah burung yang susah buang kotoran umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti berak kapur, diarea atau karena ada kotoran yang menghambat. Berikut solusi atasi burung yang kesulitan buang kotoran. 




Sebelum memulai perawatannya, burung yang mengalami masalah kesulitan buang kotoran sebaiknya dikarantina atau dipisahkan dari burung lain yang sehat. Bahkan sangat direkomendasikan menggunakan sangkar karantina untuk merawatnya. Sangkar tersebut pada bagian dasar/alasnya dilapisi dengan kertas koran atau tisu, dan untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap hangat bagian atas dari sangkar tersebut dilengkapi dengan lampu bohlam ukuran 5 watt.  

Selama masa penanganannya, burung diberikan pakan yang tinggi kandungan gizinya seperti kroto segar yang bersih, madu, tepung daging dan pakan tambahan lainnya yang berupa serangga atau buah-buahan. 

Untuk membantu mengatasi masalah burung sulit buang kotoran, pemberian obat-obatan yang tepat bisa diberikan guna mempercepat pemulihannya. BirdBlown yang berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan, diare dan juga snot, mata berair dan sesak nafas bisa diberikan secara rutin sampai kondisi burung kembali pulih seperti sedia kala. 

BirdBlown diberikan dengan cara meneteskan 5 tetes BirdBlown ke dalam 30-50 ml air minumnya atau bisa juga disuapkan langsung ke dalam paruh burung. 

Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...