Tahu putih bisa buat pleci lebih aktif dan rajin berbunyi

6/01/2016
Sejak lama tahu (tofu) dikenal sebagai jenis makanan yang kaya akan gizi. Bagi plecimania manfaat tahu ternyata bisa lebih dari sekedar pakan. Banyak yang beranggapan bahwa tahu bisa membuat burung pleci menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi dengan suara yang keras. 




Tahu adalah makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai setelah mengalami koagulasi. Sebenarnya makanan ini berasal dari Tiongkok yang dikenal dengan nama tauhu /doufu yang artinya kedelai yang terfermentasi. Penemu pertama tahu adalah Liu An seorang bangsawan Tiongkok yang juga cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.

Selain rendah kalori dan tinggi protein, tahu merupakan sumber yang baik dari berbagai mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, kalium. Adapun vitamin yang terkandung dalam tahu adalah vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Karena merupakan jenis makanan yang gizi dan tinggi protein itu, tahu sering diberikan sebagai pakan tambahan untuk beberapa jenis burung peliharaan, termasuk pleci. Banyak yang percaya pemberian tahu pada pleci mereka selain bisa membantu menambah stamina dan menjaga kondisinya, juga mempercepat proses buka paruh atau mengeluarkan suaranya yang lantang.

Jenis tahu yang diberikan pada burung sebaiknya berupa tahu mentah yang berwarna masih berwarna putih atau tahu putih. Selain itu pastikan juga kalau tahu yang anda beli itu dalam kondisi masih segar atau tidak berpengawet. Sebelum digunakan tahu sebaiknya dibersihkan dengan air bersih.
 

Adapun cara pemberiannya bisa dilakukan dengan berbagai cara yang di antaranya adalah:
  • Tahu ditumbuk menggunakan sendok lalu ditempatkan dalam cepuk pakan terpisah.
     
  • Tahu dicampurkan dengan pakan voer halusnya, lalu diaduk hingga bercampur rata. 

Untuk penyajiannya bisa diberikan setiap hari sebagai pakan tambahan atau setiap beberapa kali seminggu yang disajikan sebagai pakan utamanya.

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close