Tips singkat bedakan trucukan jantan dengan betina

6/29/2016
Bagi penggemar burung di Indonesia, trucukan seperti halnya kutilang merupakan jenis burung peliharaan yang cukup popular dan banyak dipelihara sejak zaman dulu. Kemudahan dalam perawatannya dan karakter burung yang mudah jinak menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kicaumania. Berikut tips singkat bedakan trucukan jantan dengan betina.





Dalam bahasa daerah trucukan atau merbah cerukcuk yang memiliki beberapa nama sebutan yaitu biribba, empuru lelang, merbah kampung, crocokan, jrog-jrog, atau merbah kapur merupakan spesies burung dengan penyebaran yang cukup luas di kawasan Asia Tenggara. Jenis burung ini dianggap sebagai burung lokal sebagaimana kutilang lantaran keberadaannya yang umum ditemukan di dekat wilayah pemukiman.

Selain mudah dibuat jinak, trucukan mempunyai alunan suara yang ngeropel disertai gaya berkicaunya yang khas. Kemampuannya tersebut menjadi daya tarik bagi kicaumania untuk memeliharanya. Selama ini, trucukan yang dianggap memiliki kemampuan lebih adalah yang berjenis kelamin jantan. Meskipun betina sama-sama berkicau namun kemampuannya dianggap masih kalah jauh dibandingkan burung jantan.

Membedakan trucukan jantan dengan betina memang bukan perkara mudah, apalagi penampilan keduanya bak pinang dibelah dua. Namun berdasarkan pengalaman para kicaumania, berikut ciri-ciri yang harus diperhatikan dalam membedakan trucukan jantan dengan betina.

Trucukan jantan:
  • Bagian dalam dari mulutnya cenderung berwarna kekuningan, sedangkan betina berwarna putih.
  • Ukuran tubuh lebih besar, kekar, dan lebih tegak dari burung betina yang cenderung berdiri membungkuk dengan ukuran tubuh lebih kecil.
  • Warna hitam di sekitar matanya lebih tegas, semakin berumur burung maka semakin ketara perbedaannya.
  • Warna bulu di bagian dada sedikit lebih gelap, sedangkan burung betina mempunyai warna bulu dada lebih terang.
  • Bulu ekor burung trucukan jantan cenderung bersatu/tidak mengembang, tidak seperti betina yang ekornya cenderung selalu mengembang.
  • Bentuk leher yang lebih besar dan kekar daripada betina.

Demikianlah ciri-ciri umum yang bisa diperhatikan sewaktu membedakan trucukan jantan dengan betinanya. Namun begitu, ciri-ciri yang disebutkan di atas tidaklah selalu tepat 100% karena sangat tergantung dari faktor umur dan kondisi burung tersebut.

Salam kicau!


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close