Cara praktis ternak kroto media toples ( bagian II )

7/28/2016
Untuk tulisan sebelumnya, silakan baca di sini: Cara praktis ternak kroto media toples bagian 1.

Ada beberapa macam cara yang dilakukan untuk memindahkan koloni semut yang baru kita dapatkan itu masuk ke dalam media toples atau botol yang kita gunakan. Beberapa cara tersebut antara lain:


CARA PERTAMA
Membuat jembatan penghubung antara ember/baskom dengan toples menggunakan lidi atau media lainnya. Setelah itu ditinggalkan saja sampai semua koloni rangrang berpindah ke dalam media tersebut.
CARA KEDUA
Memindahkan seluruh koloni kedalam toples atau media lain dengan menggunakan tangan kita, nah untuk itu kita harus menggunakan pelindung, jangan asal memindahkan dengan tangan telanjang kecuali kalau anda sudah memiliki ilmu kanuragan tentunya,, Cara ini lebih praktis karena tidak perlu menuggu semua koloni semut berpindah seperti pada cara pertama.
CARA KETIGA
Anda tentu memiliki pemikiran dan ide sendiri bagaimana memindahkan kolonis semut kedalam toples atau botol, jadi gunakan kreativitas anda.
 

TOPLES YANG DIGUNAKAN
 

Penggunaan toples adalah sebagai media untuk tempat mereka bersarang, selain toples yang terbuat dari plastik atau kaca kita juga bisa memanfaatkan botol plastik bekas minuman air kemasan atau kaleng bekas biskuit sebagai media ternak kroto. 

Bagian bawah toples dilubangi dengan ukuran/diameter bebas, lubang ini nantinya akan menjadi pintu para semut untuk masuk dan keluar sarangnya. Bagaimana bentuk lubang-lubang tersebut, silakan simak gambar berikut: 


Siapkan nampan atau baki, terserah anda yang penting wadah tersebut bisa digunakan untuk menampung air dan tidak bocor. Bagian bawah toples dilapisi dengan lakban berwarna gelap ( hitam / cokelat ) atau bisa juga menggunakan kertas koran seperti dalam gambar dibawah ini:

Siapkan nampan atau baki yang diisi dengan sedikit air, setelah itu bagian bawah toples dilapisi dengan lakban berwarna gelap atau bisa juga menggunakan kertas koran. Letakkan batu bata pada bagian tengah nampan yang berisi air untuk mencegah toples terendam air, setelah itu letakkan toples di atas batu bata tersebut. 


Menambah koloni semut 

Cara lain untuk meningkatkan produksi kroto adalah dengan memperbanyak koloni semut. Ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan agar semut mau menambah koloni barunya, yaitu:
  1. Ada ratu semut
  2. Sarang sudah berumur lama
  3. Menyediakan toples kosong yang masih bersih

Menyiapkan pakan 

Dalam ternak kroto, pakan adalah hal paling penting dan utama yang bisa meningkatkan produktivitas ternak kroto. Pakan yang diberikan biasanya pakan yang memiliki kandungan protein dan gula.  Beberapa pakan yang mengandung protein di antaranya adalah: jangkrik, cicak, tulang sapi, kecoak, ulat hongkong, ulat kandang, belalang, tulang ikan, tulang ayam, tulang ayam maupun sisa-sisa makanan lainnya. Sedangkan untuk kandungan gula bisa diberikan air yag dicampur gula dan agak kental. 

Untuk wadah tempat pakan bisa menggunakan bekas tutup botol atau lainnya yang terdiri dari dua buah, satu untuk menyimpan air gula dan satu lagi untuk menyimpan serangga seperti ulat dan lain-lain. 

Setelah pakan tersedia dan media sudah siap, semut ratu akan siap bertelur untuk memperbanyak koloni mereka. Jika jumlah telur dirasa sudah cukup, anda bisa melakukan panen untuk kebutuhan pakan burung atau dijual ke pasaran. 

Demikian cara praktis ternak kroto media toples yang cukup singkat, semoga bisa menambah pengetahuan kicaumania. 

Link tulisan terkait manfaat dan jenis-jenis kroto:


Salam Kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close