Penyebab dan cara atasi kenari yang berkicau tapi tidak keluar suara

7/10/2016
Burung kenari yang terlihar seperti sedang berkicau namun tidak ada suara yang keluar menandakan ada masalah yang dialami oleh burung tersebut.

Gangguan tenggorokan hingga infeksi tungau bisa menjadi penyebab mengapa kenari tidak mengeluarkan suaranya. 

Untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, berikut penyebab dan cara mengatasi kenari yang berkicau tapi tidak keluar suaranya.

Jika diperhatikan, kenari tersebut memang terlihat seperti sedang berkicau, lengkap dengan paruhnya yang terbuka dan tenggorokan yang kembang-kempis. 


Namun ketika tidak ada suara yang keluar, maka hal tersebut akan membuat gusar pemiliknya, apalagi jika sebelumnya kenari tersebut tampak baik-baik saja dan tidak mengalami gangguan kesehatan. 

Secara umum, masalah kenari yang seperti berkicau namun tidak keluar suara biasanya terjadi akibat beberapa penyebab, sebut saja: 
  • Adanya gangguan di tenggorokan burung, misalnya disebabkan oleh lendir yang menumpuk. Adanya lendir di tenggorokan bisa diketahui dari perilaku burung yang seperti kesulitan bernafas dan kesulitan mengeluarkan suaranya dengan keras. 
  • Burung terinfeksi tungau kantung udara atau air sac mites. Tungau ASM menginfeksi kantung udara yang menyebabkan peradangan, akibatnya kantung udara yang juga berfungsi sebagai penghasil suara burung akan terganggu, sehingga meskipun burung mencoba untuk berkicau, namun suaranya tidak akan terdengar.    
  • Burung yang alami gangguan pada bagian pita/tali suaranya. Biasanya hal ini terjadi ketika kenari yang tidak keluar suara tersebut coba digurah dengan cara yang salah, misalnya mencolok tenggorokannya dengan batang rumput/jerami atau alat lainnya. 


Untuk mengatasi kenari yang berkicau tapi tidak keluar suara, tidak cukup dengan memberikan perawatan harian yang teratur saja, tapi juga harus disertai dengan pengobatan yang tepat. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kenari yang tidak keluar suara tersebut adalah: 

Untuk mengatasi gangguan yang terjadi akibat tungau kantung udara, maka cara pengobatannya adalah sebagai berikut:
  • Mengoleskan BirdFresh yang merupakan produk unggulan omkicau pada bagian leher belakang burung (tengkuknya), untuk kenari cukup dioleskan sekali saja pada bagian tengkuk sebelah kanan dan kirinya.
  • Sedangkan jika masalah terjadi akibat gangguan pernafasan yang menyebabkan burung sesak nafas, serak dan sebagainya maka pengobatannya bisa dilakukan dengan menggunakan BirdTwitter


Salam kicau! 


 

 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus