Modifikasi sangkar harian pleci jadi sangkar cungkok keren dan istimewa

7/12/2016
Penampilan sangkar cungkok memang cukup menarik perhatian para pleci mania, namun harganya yang masih tinggi membuat tidak semua orang bisa membelinya. 

Tapi jangan khawatir, karena ada cara lain yang bisa menghemat biaya yaitu dengan memodifikasi sangkar harian pleci menjadi sangkar model cungkok yang keren dan istimewa.

Sangkar cungkok adalah sangkar harian yang mempunyai bentuk dan model unik yang banyak digunakan oleh kicaumania di Asia. 

cara membuat sangkar cungkok


Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam memodifikasi sangkar harian pleci yang biasa menjadi sangkar model cungkok adalah: 
  • Sangkar harian model bulat yang khusus untuk pleci dan burung-burung kecil.
  • Kaleng bekas biskuit
  • Gergaji triplek/besi
  • Mesin bor listrik dengan mata bor berdiameter 2,5 mm atau disesuaikan dengan lubang jeruji dari sangkar yang digunakan
  • Lem yang cukup kuat
  • Paku-paku berukuran kecil/paku triplek
  • Rotan berdiameter 10mm yang sudah dikupas kulitnya
  • Kaleng bekas biskuit
  • Jeruji sangkar

Cara membuat: 

Ukur terlebih dahulu bagian bawah dari sangkar harian dengan penggaris dengan jarak sekitar 9 cm, untuk mempermudah tandai dengan pensil atau spidol. Setelah itu potong bagian dari sangkar yang telah diukur tadi menggunakan gergaji dengan hati-hati. 


Bagian bawah sangkar yang telah dipotong tadi diambil lalu dicabuti semua jeruji yang masih menempel. Untuk mendapatkan jeruji yang lebih rapat, maka di antara lubang-lubang jeruji yang sudah ada dibuat lubang lagi dengan menggunakan mesin bor.



Pasang jeruji menggunakan jeruji yang sudah disiapkan. Untuk memperkuat jeruji bisa dilakukan penyatuan dengan menggunakan lem. 



Tahap berikutnya adalah membuat tenggeran bulat yang biasa ada dalam sebuah sangkar cungkok. Untuk membuat tenggeran tersebut digunakan rotan yang terlebih dahulu direndam dalam air agar menjadi lentur dan mudah digunakna. Perendaman rotan dilakukan dalam sebuah wadah atau ember yang berisi air lalu rotan tersebut direndam selama kurang lebih 10 menit.



Setelah itu, dengan memanfaatkan kaleng bekas biskuit, rotan tadi dibengkokkan melingkari permukaan kaleng, setelah itu bagian ujungnya diikat dengan kawat atau dipaku. Untuk membuat rotan menjadi kaku dan berbentuk lingkaran, kaleng yang berfungsi sebagai cetakan kemudian dibakar di atas api kompor. 



Setelah rotan menjadi kaku dan berbentuk lingkaran, potong rotan tersebut di setiap ujungnya, lalu disatukan dengan menggunakan lem dan diperkuat dengan paku. 



Potong sisa rotan menjadi tiga bagian dengan ukuran panjang 8 cm, tiga potongan itu kemudian dirangkai sebagai dudukan ring rotan yang digunakan sebagai tangkrikan bawah. 




Biasanya sekat bawah dari sangkar mempunyai jarak jeruji yang cukup lebar, sehingga untuk mempercantik dan mencegah burung lepas jarak jeruji tersebut bisa dibuat menjadi lebih sempit.Tempelkan rotan yang sudah dilengkapi dengan kaki-kakinya pada sekat bawah sangkarnya. Lem dan paku hingga kuat menempel. 



Bagian-bagian dari sangkar sudah kita buat, langkah selanjutnya adalah perakitan. Satukan semua perlengkapan sangkar yang selesai kita buat tersebut, setelah itu masukkan semua perlengkapan sangkarnya seperti tenggeran, tempat pakan dan minum juga aneka asesoris sangkar lainnya. 



Selamat anda sudah berhasil memodifikasi sangkar harian menjadi sangkar cungkok yang keren dan istimewa. 

Sumber foto:

Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait