Ciri-ciri poksay jambul Thailand dan Sumatera

8/24/2016
Burung poksay terdiri dari beragam jenis yang tersebar di dunia. Di Indonesia ada beberapa poksay lokal yang bisa ditemukan di beberapa daerah. Salah satu jenis poksay lokal yang banyak dipelihara adalah poksay Sumatra yang mempunyai penampilan mirip dengan poksay jambul Thailand. Untuk membedakannya berikut ciri-ciri poksay jambul thailand dan sumatra

Ciri-ciri poksay jambul Thailand dan Sumatera


Poksay jambul dikenal dengan suara kicauannya yang sangat keras. Namun begitu, dari dua jenis poksay jambul yang dikenal kicaumania, poksay jambul yang berasal dari Thailand dikenal mempunyai suara kicauan yang cukup bervariasi dengan suara yang lebih halus dibandingkan dengan poksay jambul yang berasal dari Sumatra.

Walaupun penampilan poksay jambul asal Sumatera dan Thailand sangat jauh berbeda, namun masih banyak kicaumania yang mengidentifikasi poksay jambul sumatera sebagai poksay jambul impor asal Thailand yang dahulu pernah popular.

Berikut beberapa ciri-ciri poksay jambul sumatra dan thailand:

Poksay jambul thailand memiliki bentuk jambul yang lebih panjang dan cenderung selalu berdiri/nyegrik meskipun tidak sedang berbunyi.
 


Topeng mata poksay jambul thailand terlihat lebih luas dan lebar, sedangkan topeng mata poksay jambul sumatera terlihat lebih sempit.




Warna bulu poksay jambul thailand berwarna lebih kecoklatan dengan dada hingga kepala berwarna putih, sedangkan poksay jambul sumatra mempunyai bulu berwarna hitam dan dada hingga kepala putih.

Dalam bahasa Inggris, poksay jambul thailand dikenal dengan nama White-crested laughingthrush (Garrulax leujcolophus), sedangkan poksay sumatra disebut dengan nama Sumatran laughingthrush (Garrulax bicolor).

Berikut video burung poksay jambul thailand dan sumatra:

Poksay jambul Sumatra:




Poksay jambul thailand: 


 
 

Salam kicau!



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close