close
close


Inilah ciri-ciri anis merah jantan dan betina

Selama ini, anis merah yang berjenis kelamin jantan dianggap memiliki suara kicauan yang lantang, penuh variasi, dan bisa teler. Membedakan anis merah jantan dan betina memang cukup sulit, apalagi keduanya punya tampilan yang sangat mirip. Sebagai panduan, inilah ciri-ciri anis merah jantan dan betina

ciri-ciri anis merah jantan dan betina
ciri-ciri anis merah jantan dan betina



Peternak anis merah selama ini mengandalkan insting dan keyakinan mereka akan burung yang mereka tangkarkan itu. Kalau sudah memiliki jam terbang yang tinggi tentu tidak sulit membedakan jenis kelamin burung anis merah berdasarkan pengalaman. Tapi bagi pemula, hal tersebut bisa sangat menyulitkan.

Para peternak anis merah di Jawa dan Bali, umumnya mencirikan anis merah jantan dari ciri-ciri fisik yang terdapat pada sayap dan kuku kakinya. Ciri-ciri anis merah jantan menurut mereka, jika pada sayapnya terlihat lebih gelap dan pekat dengan warna abu-abu maka dipastikan burung anis merah tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan jika pada bagian sayapnya terlihat ada warna kekuningan itu maka itu merupakan ciri-ciri anis merah betina

Ciri-ciri fisik berikutnya terletak pada jari kuku dari burung anis merah tersebut. Jika jari kukunya terlihat putih mulus maka anis merah tersebut berjenis kelamin betina, sedangkan jika jari kukunya ada garis kehitaman dari pangkal hingga ujung kukunya, maka itulah ciri-ciri anis merah jantan.  

Walau bagaimana pun ciri-ciri anis merah jantan dan betina seperti yang disebutkan di atas masih sebatas prediksi atau tidak bisa sepenuhnya dijadikan patokan. Karena cara membedakan jenis kelamin burung yang cukup efektif adalah dengan meraba supit udang atau tes DNA.


 


Salam

Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas