Ragam cara menurunkan birahi cucak hijau

8/09/2016
Cucak hijau yang over birahi tentu akan mengganggu penampilannya, terutama ketika dilombakan. Burung yang tadinya rajin berbunyi akan cenderung lebih banyak ngeriwik dan terkadang disertai dengan sifatnya yang berubah jadi galak. Untuk mengatasinya, berikut beragam cara menurunkan birahi cucak hijau.

cara menurunkan birahi cucak hijau


Over birahi adalah kondisi ketika burung menunjukkan perilaku yang tidak semestinya, misalnya saja burung yang tadinya gacor menjadi jarang berbunyi atau cenderung ngeriwik saja, selain itu kadang disertai juga dengan sifatnya yang berubah jadi sangat agresif, dan pada kasus yang lebih parah over birahi bisa sebabkan burung jadi kanibal atau mencabuti bulunya sendiri. 

Untuk mengatasinya maka diperlukan perawatan khusus yang bisa membantu mengurangi kondisi birahi dari burung cucak hijau tersebut. Ragam cara untuk turunkan birahi cucak hijau antara lain sebagai berikut: 
  • Mengurangi pemberian EF (Extra Fooding) / pakan tambahannya terutama jangkrik, kroto dan ulat hongkong.
  • Memberikan pakan berupa ulat bambu sebanyak 1 - 2 ekor setiap pagi dan sore hari sampai kondisinya benar-benar pulih.
  • Secara rutin memandikan burung hingga basah kuyup.
  • Memberikan buah-buahan yang bisa membantu menurunkan birahi, termasuk buah belimbing dan jambu hijau yang diyakini bisa menurunkan birahinya dengan cepat.
  • Selain itu, terapi unthulan pun bisa diterapkan pada cucak hijau yang sudah terlanjur birahi parah, terapi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan burung-burung kecil yang dimasukkan dalam sangkarnya. Sedangkan untuk aternatifnya adalah ditempel dengan burung betina ...

Demikan ragam cara menurunkan birahi pada burung cucak hijau.

Salam kicau!

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close