Tiga langkah mudah atasi lovebird sering ngeruji

8/06/2016
Ngeruji adalah sifat alami burung lovebird, namun perilaku lovebird sering ngeruji tersebut akan semakin mengganggu penampilannya terutama ketika burung mengalami kondisi tertentu, misalnya birahinya yang memuncak namun tidak tersalurkan. Pada kondisi tersebut lovebird akan sering berperilaku ngeruji dan ogah nangkring di tenggerannya, terutama ketika melihat lovebird lain dalam sebuah lomba. 

atasi lovebird sering ngeruji


Kalau sudah menunjukkan perilaku ngeruji, tidak ada yang bisa menghentikan kebiasaannya tersebut, alhasil si pemilik tidak bisa membawanya ke arena lomba lantaran penampilan burung miliknya yang pasti akan terganggu. Untuk menghadapi lovebird yang kerap ngeruji tersebut, berikut tiga langkah mudah untuk mengatasinya.  

1. Stop EF (Extra Fooding) 

Untuk mencegah dan mengatasi lovebird ngeruji bisa dilakukan dengan menghentikan pemberian pakan tambahannya atau EF (Extra Fooding) misalnya biji kuaci, jagung muda, kangkung, sawi dan sebagainya. 

Selama masa terapi (perawatan lovebird ngeruji), burung hanya diberikan pakan berupa milet putih saja plus air minumnya yang selalu terjaga kebersihannya. Dengan demikian, lovebird hanya diberikan pakan nutrisi pokok saja untuk membantu menurunkan kadar protein yang bisa mengurangi birahinya secara berangsur-angsur. 

2. Rubah posisi tenggeran

Posisi tenggeran yang sebelumnya diposiskan di bagian tengah sangkar bisa dirubah ke posisi mendekati pinggiran jerujinya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, jumlah tenggeran yang digunakan sebaiknya berjumlah lebih dari satu yang masing-masingnya ditempatkan pada posisi mepet ke dinding sangkarnya dengan posisi saling berhadap-hadapan. 

Dengan begitu, ketika si burung memulai kebiasaan ngerujinya, maka ia akan segera mendapati tenggeran dan langsung hinggap di tenggerannya tesebut. Karena sering hinggap itu lah, si burung akan merasa nyaman dan akhirnya bisa melupakan sejenak kebiasaan ngerujinya itu. 

3. Carikan pasangan 

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi lovebird kerap ngeruji adalah memberikan pasangan untuknya. Pasangannya itu bisa berjenis kelamin jantan atau betina yang berumur minimal 8 bulan tergantung dari jenis kelamin lovebird yang gemar ngeruji itu. 

Untuk memperbesar kemungkinan lovebird ngeruji dikawin atau kawin, maka tempatkan burung dalam sebuah kandang koloni yang terdapat beberapa burung jantan dan betina. Jika tidak memungkinkan, bisa juga memasukkan lovebird yang ngeruji itu bersama pasangannya dalam kandang soliter.

Dengan tersalurkannya birahi burung, dharapkan perilaku ngeruji bisa lebih cepat diatas dan burung kembali siap beraksi di arena.
 

Demikianlah catatan burung indonesia mengenai tiga langkah mudah atasi lovebird kerap ngeruji

Salam kicau!


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close