Tips mengatasi burung yang lumpuh

8/21/2016
Lumpuh pada burung peliharaan umumnya terjadi akibat burung yang mengalami anemia. Kalau sudah begitu, tidak ada yang bisa dilakukannya selain terkulai di lantai sangkar tanpa bisa mengambil makanan maupun minumannya. Tips berikut akan membantu anda mengatasi bagaimana mengatasi burung yang lumpuh

mengatasi burung yang lumpuh


Salah satu penyebab utama kelumpuhan pada burung peliharaan adalah kurangnya asupan vitamin B dan kalsium. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada burung yang cenderung dipelihara tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisinya.


Untuk mengatasi burung yang lumpuh, hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan sangkar untuk pengobatannya. Dalam hal ini, sangkar harian bisa digunakan setelah bagian dasar sangkar dilapisi dengan kertas koran atau tisu. Singkirkan tenggeran dan letakkan tempat pakan dan minum di dasar sangkarnya. Untuk mempercepat proses pemulihan, lampu bohlam sebesar 5 watt bisa dipasangkan di bagian atas sangkarnya. 

Untuk mengatasi anemianya, burung tersebut bisa diberikan obat-obatan yang mengandung vitamin B-kompleks. Obat-obatan tersebut tentu bisa anda dapatkan dengan mudah, karena banyak dijual di pasar-pasar dan apotek, biasanya yang paling sering digunakan adalah vitamin b-kompleks khusus pertumbuhan anak. 

Tentu sulit memberikan obat-obatan pada burung yang sedang terkulai tanpa bisa melakukan apa-apa. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan pipet yang dilolohkan langsung pada paruh dan mulut burung.

Demikianlah tips mengatasi burung yang lumpuh, semoga bisa menambah pengetahuan anda semua. 

Salam kicau! 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus