Tips menjodohkan pleci agar siap tangkar

8/21/2016
Sebagai burung koloni, banyak pleci mania yang memelihara lebih dari satu ekor pleci di rumah. Tak jarang dari beberapa ekor burung tersebut, terselip satu-dua ekor pleci betina yang sengaja dipelihara sebagai pemancing bunyi. Pada edisi kali ini, agrobur.com mengajak anda semua untuk memanfaatkan pleci betina tersebut untuk berkembangbiak dan menghasilkan keturunan. Berikut tips menjodohkan pleci agar siap ditangkarkan. 

cara menjodohkan pleci


Tips menjodohkan pleci agar siap tangkar 

Tahap perjodohan adalah tahapan paling penting sebelum memulai upaya penangkaran burung. Meski dalam proses perjodohannya sering mengalami kendala, namun jika dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dan juga kesabaran yang tinggi, maka tahapan tersebut akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. 

Pada burung pleci, perjodohannya tentu tidak akan terlalu sulit ketika menjodohkan burung kicauan lain yang bersifat teritorial. Pleci adalah burung koloni, bahkan dalam berkembangbiak pun mereka selalu berada dalam ruang koloninya. Hal tersebut tentu menjadi nilai tambah bagi  peternak pemula yang ingin mencoba menangkarkannya. 

Berikut langkah-langkah awal dalam perjodohan pleci:
  • Siapkan dua indukan yang terdiri dari dua ekor burung pleci dewasa yang berlainan jenis kelamin. Masing-masingnya menggunakan sangkar kecil yang terpisah. 
  • Selama satu - dua minggu, tempelkan kedua sangkarnya dalam jarak sangat dekat sebagai proses awal pengenalan. Usahakan agar posisi tenggeran di sangkar keduanya saling menempel, sehingga nantinya kedua burung bisa saling berdekatan.  
  • Berikan pakan berupa kroto dan ulat hongkong/kandang selama masa pengenalannya tersebut. 
  • Setiap satu minggu sekali sangkarnya kemudian dipisahkan dalam jarak yang berjauhan untuk melihat bagaimana reaksi mereka. Jika saat dipisahkan itu kedua burung saling mencari dan memanggil bersahut-sahutan, itu tandanya proses pengenalan telah berjalan sesuai rencana, tinggal proses perjodohannya saja. 
  • Siapkan kandang yang akan digunakan sebagai kandang ternaknya. Kandang tersebut bisa menggunakan sangkar harian yang berjeruji rapat. Letakkan tempat sarang lengkap dengan bahan bersarang yang digunakan, misalnya serat nanas.  
  • Masukkan kedua burung dalam kandang ternaknya tersebut pada malam hari, lalu perhatikan perilaku mereka. Jika si jantan mendekati betina sambil ngeriwik dan membawa bahan sarang, maka proses perjodohan sudah berhasil dan burung siap untuk berbiak. 
  • Jika burung jantan terlalu agresif dan selalu mengejar betina, maka segera pisahkan pleci jantan ke dalam sangkar terpisah. Sedangkan burung betina dibiarkan dalam kandang ternaknya. Ulangi lagi langkah perjodohan dengan menempelkan sangkar jantan dengan kandang yang berisi pleci betina.
  • Setelah beberapa hari, cobalah untuk menyatukan keduanya sambil tetap mengamati perilaku keduanya. Jika berhasil anda tinggal melanjutkan penangkarannya, namun jika masih tetap gagal maka anda bisa mengulanginya terus menerus sampai keduanya mau berjodoh. 
  • Selama berada dalam kandang ternaknya, berikan pakan yang tinggi protein seperti kroto dan ulat kandang. Sedangkan untuk penjemuran bisa dilakukan selama 20 - 30 menit sehari sebelum burung betina mulai bertelur.

Demikian tips menjodohkan pleci agar siap tangkar. Setelah melewati tahap-tahap tersebut , maka kedua burung akan melakukan perkawinan, yang dilanjut dengan merapihkan sarang lalu bertelur.

Salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close