TIps perawatan pleci agar lebih rajin bunyi

8/14/2016
Perawatan pleci agar lebih rajin bunyi - Banyak cara dilakukan para pleci mania (Pleman) di Nusantara untuk membuat burung kesayangannya itu tambah rajin bunyi. Cara-cara tersebut mulai dari meracik pakan dan minumnya, memberi suplemen tambahan hingga rajin mengajak burungnya jalan-jalan. Pada edisi kali ini, seorang pleci mania berkenan memberikan bocoran Tips perawatan pleci agar lebih rajin bunyi.

TIps perawatan pleci agar lebih rajin bunyi
Perawatan pleci agar lebih rajin bunyi




Perawatan pleci agar lebih rajin bunyi yang paling utama adalah rutin melakukan pengembunan dan selalu menyediakan madu dan pakan tambahannya. Selain itu perawatan yang juga harus dilakukan adalah mandi dan jemur. Berikut tips Perawatan pleci agar lebih rajin bunyi ala Plecimania. 

  • Burung dikeluarkan pada pagi-pagi hari untuk diembunkan.
    Dalam sangkarnya hanya disediakan air minum, madu dan buah-buahannya, sedangkan pakan voernya diangkat/ tidak diberikan.
  • Setelah matahari mulai terik, gantung sangkarnya berdekatan dengan pleci lainnya. Berikan tempat minum yang berukuran besar untuk merangsang mandinya. 
  • Selama penjemuran, berikan pakan berupa ulat hongkong putih sebanyak 2 ekor, ulat kandang sebanyak 5 ekor, dan daleman / isi tubuh dari jangkrik yang berwarna putih sebanyak 3 ekor. 
  • Selesai dijemur, pakan voer kembali diberikan dan sangkarnya digantung di tempat yang teduh dan berjauhan dari keberadaan pleci-pleci lainnya. 
Adapun pakan yang diberikan agar pleci rajin bunyi adalah pakan racikan yang terdiri dari: 
  • Voer bubuk yang tinggi nutrisinya dicampur dengan susu bubuk.
  • Air minum yang diberikan adalah air dingin khususnya yang baru keluar dari lemari pendingin/kulkas.
  • Buah-buahan bisa dicoba dengan memberikan potongan jeruk nipis.
  • Jangan lupakan juga madu setiap hari yang ditempatkan dalam cepuk kecil.

Itulah beberapa hal terkait perawatan pleci agar rajin bunyi ala Pleci Mania. 

Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close