Trucukan macet bunyi

8/01/2016
Meskipun burung trucukan dianggap mudah dalam perawatannya namun sering ditemui kasus trucukan macet bunyi.Penyebab trucukan macet bunyi umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan pola perawatan yang selama ini diterapkan. Untuk mengatasi masalah trucukan macet bunyi, berikut beberapa solusinya untuk anda.

atasi trucukan macet bunyi
Solusi atasi trucukan macet bunyi


Banyak trucukan mania (sebutan untuk penggemar burung trucukan) melakukan beberapa terapi berikut untuk mengatasi burung trucukan yang macet bunyi. Berikut di antaranya:
  • Mulailah memberikan pengembunan secara rutin untuk mengatasi trucukan macet bunyi tersebut. Pengembunan dilakukan dengan cara mengeluarkan burung pada pagi-pagi hari sekali dan menaruh sangkarnya pada posisi yang akan terkena cahaya matahari terbit. 
  • Untuk sementara waktu, pakan yang diberikan sebaiknya berupa pakan buah-buahan terutama pisang kepok putih, pepaya dan exa fooding seperti jangkrik, ulat kandang dan kroto. Pemberian pakan tersebut dilakukan untuk memancing trucukan macet bunyi kembali mengeluarkan suara ocehannya.
  • Lebih sering memandikan dan menjemur burung trucukan yang macet bunyi dengan cara menaruh sangkarnya di tanah. Hal ini bertujuan agar burung bisa kembali beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. 
  • Berikan buah mengkudu yang sudah matang sebagai terapi untuk mengatasi trucukan macet bunyi, selain itu air rebusan mengkudu juga bisa diberikan setiap beberapa hari sekali guna memulihkan kondisinya. 
  • Putarkan audio terapi atau suara burung trucukan lain untuk memancing trucukan macet bunyi kembali mengeluarkan suaranya. Jika belum memiliki audio burung trucukan, silakan buka halaman ini (Suara trucukan download) untuk mendownload beberapa audionya. 

Demikianlah beberapa tips bagaimana mengatasi trucukan macet bunyi. 

Salam kicau!
 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait