Cara ternak gouldian finch / gould amadin

9/04/2016
Gould amadin atau kerap disebut Gouldian finch merupakan salah satu jenis burung finch yang dijuluki pipit tercantik di dunia. Banyak orang tidak sekedar memelihara burung yang cantik dengan warna-warna bulu yang menarik ini, namun juga ditangkarkan untuk mendapatkan keturunan. Sebagai panduan bagi anda, berikut Cara ternak gouldian finch / gould amadin.

ternak goldfinch



Sebelum memulai usaha menangkarkan gould amadin, langkah pertama adalah menyiapkan sepasang burung finch ini yang berjenis kelamin jantan dan betina. Secara umum, gould amadine jantan mempunyai bulu dada dengan warna lebih tegas daripada betina. 

Namun dewasa ini banyak ditemukan burung yang merupakan hasil mutasi warna, sehingga membedakan jenis kelaminnya bisa dilakukan dengan mengamati beberapa kondisi berikut: 

  • Warna kepala yang lebih cerah
    Burung jantan gould amadin mutasi kepala merah dan kuning memiliki warna lebih merah dan lebih cerah, sedangkan burung betina memiliki warna lebih gelap dengan warna bulu di seluruh tubuhnya terlihat lebih kusam. Demkian pula pada gould amadin kepala kuning, bulu berwarna kuning yang terdapat pada burung jantan tampak lebih cerah. 
  • Warna lingkaran leher
    Metode ini hanya bisa dilakukan pada jenis gould amadin mutasi kepala hitam. Burung jantan memiliki garis biru yang mengeliling lehernya (blue collar). Metode yang sama juga bisa dilakukan pada gouls amadin mutasi punggung hijau dan punggung biru. Burung betina memiliki garis biru kehijauan yang cenderung samar. 
  • Warna bulu di bagian dada
    Gould amadin jantan mempunyai bagian dada berwarna lebih gelap / ungu tua, sedangkan burung betina berwarna ungu muda. Metode ini bisa dilakukan pada semua mutasi kecuali jenis gould amadin dada putih. 

Beberapa persyaratan lain yang harus diperhatikan ketika kita hendak menangkarkan burung gouldian finch adalah:
  • Memiliki sepasang atau lebih burung gould amadin yang akan ditangkarkan.
  • Kedua burung sudah mempunyai umur yang cukup atau sudah berumur lebih dari 7 - 8 bulan. Bukan merupakan keturunan sedarah atau inbreeding
  • Berasal dari spesies yang sama.
  • Mempunyai kondisi yang sehat, lincah, tidak gemuk dan tidak terlalu kurus.

Kandang ternak

Tergantung jumlah dari burung gould amadin yang akan ditangkarkan, kita bisa memanfaatkan kandang aviary/koloni jika ingin menangkarkan lebih dari sepasang burung gouldian finch. Sedangkan jika hanya memiliki sepasang saja, maka kandang yang digunakan bisa menggunakan tipe soliter maupun kandang harian yang berukuran luas. Sedangkan untuk kotak sarang khusus yang digunakan dalam menangkarkan gouldian finch adalah kotak sarang berbentuk kotak tertutup atau glodok.

Dalam perawatannya, ketika menangkarkan burung gouldian finch maka pakan yang diberikan harus yang mengandung tinggi nutrisi dan proteinnya. Hal tersebut bisa disiasati dengan memberikan pakan biji-bijian yang bervariasi dan pakan tambahan berupa egg food. Untuk kebutuhan kalsium, siapkan pula tulang sotong yang digantung di dekat cepuk pakannya.

Perilaku berkembang biak

Gould amadin atau gouldian finch bertelur dalam julah 4 - 8 butir telur, dan akan mulai mengerami telurnya setelah telur ke-4 diletakkan dalam sarangnya. 

Proses pengeraman berlangsung selama 16 hari dan setelah itu telur akan menetas. Setelah berumur 22 - 25 hari, anakan burung gouldian finch sudah bisa keluar dari sarangnya namun mereka tetap mendapatkan asupan pakan dari kedua induknya sampai 4-5 minggu kemudian.



Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus