Larva serangga untuk pleci

9/04/2016
Larva serangga untuk pleci

Selain mengkonsumsi nektar dan buah-buahan yang merupakan makanan utamanya, pleci juga menyukai beberapa jenis serangga, termasuk larvanya.


Selain memiliki kandungan protein yang tinggi dan sebagai sumber asam amino, larva serangga juga diyakini bisa membantu meningkatkan stamina dan membuat suara bukaan pleci menjadi lebih kuat. 

Berikut beberapa jenis larva serangga yang umum diberikan pada burung pleci.

Larva serangga adalah bentuk awal serangga sebelum bermetamorfosis menjadi serangga sebenarnya. 

Larva tersebut umumnya berbentuk seperti ulat yang sangat disukai oleh hampir semua jenis burung kicauan. 

Ada beberapa jenis larva serangga yang umum diberikan pada burung pleci, yaitu:

1. Larva lalat buah
2. Larva lebah madu
3. Ulat kandang
4. Ulat hongkong

Larva lalat buah  

Lalat buah atau Drosophilia banyak ditemukan dalam buah-buahan yang berasa manis atau yang mengandung kadar gula tinggi. Larva lalat buah biasanya ditemukan dalam bentuk ulat-ulat kecil yang menggerogoti buah-buahan dari dalam. Larva lalat ini cukup umum diberikan pada burung pleci karena mempunyai kandungan nutrisi dan protein serta rendah lemak. Pleci mania di negeri tetangga bahkan tidak perlu repot mencarinya di kebun-kebun karena larva lalat buah juga banyak dijual dalam bentuk kering atau kalengan yang khusus dijual untuk pecinta binatang peliharaan seperti burung, reptil dan amfibi.

Meski begitu, tidak sulit mencari keberadaan larva lalat buah, karena anda bisa memancing kedatangan lalat buah dengan cara menggantung potongan buah manis di batang pohon. Setiap hari buah tersebut diamati untuk melihat ada tidaknya ulat/belatung kecil di dalamnya, Namun perlu diperhatikan karena terkadang sering ditemukan larva lalat rumah yang menggerogoti buah tersebut. Larva lalat rumah bisa dibedakan dari bentuknya yang lebih gemuk, sedangkan ulat yang berasal dari lalat buah umumnya memiliki warna sesuai buah yang dimakannya. Cara paling mudah adalah mencari buah belimbing atau jambu air yang sudah sangat matang, karena di situlah larva lalat buah kerap berada.

Larva lebah madu 


Larva lebah madu dipercaya mampu menambah kekuatan/power pada suara bukaan pleci, selain itu juga membuat burung menjadi lebih aktif. Hanya saja pemberiannya harus dibatasi karena jika terlalu banyak bisa membuat pleci menjadi lebih agresif karena larva lebah madu bisa menaikkan libido burung dalam waktu yang sangat singkat.

Ulat kandang

Ulat kandang adalah larva dari kumbang kecil yang berwarna hitam dan umum ditemukan di peternakan. Larva serangga ini cukup popular di kalangan plecimania karena mengandung protein yang bisa meningkatkan stamina dan membuat burung menjadi lebih aktif dan rajin berkicau.

Ulat hongkong

Ulat hongkong adalah ulat yang banyak diberikan pada burung pleci, namun perlu diperhatikan ketika hendak memberikan pakan ulat hongkong pada burung pleci sebaiknya memilih ulat yang sudah berganti kulit atau memiliki kulit berwarna putih. Ulat yang berwarna putih memiliki lapisan kulit yang tipis dan lunak sehingga bisa dicerna oleh burung.

Itulah beberapa jenis larva serangga yang cukup umum diberikan pada burung pleci.

Salam !
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close