Mempercepat pleci buka paruh

9/29/2016

Tips mempercepat pleci buka paruh  - Memelihara burung pleci agar cepat buka paruh selain membutuhkan rawatan teratur juga harus memenuhi segala kebutuhannya, termasuk menyediakan pakan yang kaya nutrisi dan pola rawatan lain yang seimbang. 

Meskipun secara teori proses buka paruh pada burung pleci harus melewati beberapa tahapan, namun jika dirawat dengan cara-cara yang tepat bukan tidak mungkin pleci tersebut dapat berkicau dengan penuh kelantangan. 



Tips mempercepat pleci buka paruh 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan guna mempercepat pleci buka paruh. 

Berjenis kelamin jantan 

Pleci yang berjenis kelamin jantan mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi dan bisa lebih cepat buka paruh daripada pleci betina

Pengembunan secara rutin

Rutin mengembunkan burung pada pagi-pagi hari sekali dapat merangsang burung untuk lebih rajin berkicau.

Memberikan pakan ulat hongkong secara teratur 

Ulat hongkong dipercaya mampu membuat burung pleci semakin rajin berkicau.

Mandi dan jemur dengan sistem koloni

Mandikan dan jemur burung dengan sistem koloni yaitu mengumpulkan burung pleci bersama-sama dalam satu lokasi dengan sangkar yang saling berdekatan. 

Menggantung dalam jarak berjauhan 

Selesai dijemur, masing-masing pleci kemudian digantung dengan jarak yang saling berjauhan. Dengan begitu mereka akan saling memanggil dan bersahut-sahutan sehingga membuat salah satunya akan terpancing untuk berkicau lantang / buka paruh. 

Menggantung tinggi-tinggi sangkarnya 

Trik lain yaitu menggantung pleci yang anda favoritkan di tempat yang lebih tinggi untuk merangsangnya cepat buka paruh.

Memberikan voer yang tinggi nutrisi 

Pleci adalah burung kecil yang sangat aktif, untuk mendukung aktivitasnya itu maka dibutuhkan pakan voer yang tinggi kandungan nutrisinya. 

Membawa jalan-jalan pleci 

Seminggu sekali bawalah pleci untuk berkumpul dengan pleci lain di luar koloninya. Hal tersebut dapat menumbuhkan sifat fighter pleci selain dapat memicunya untuk bersuara lebih lantang / buka paruh.


Dengan melakukan tips mempercepat pleci buka paru sepert disebutkan di atas, burung pleci kesayangan anda akan segara masuk pada kondisi buka paruh. 

Semoga bermanfaat          

 
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait