close
close


Penyebab dan cara mengobati katarak pada mata burung

Penyakit gangguan mata seperti katarak bisa menimpa semua jenis burung tak terkecuali burung peliharaan. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli bahkan menyebutkan bahwa burung dengan warna bulu cerah sangat rentan terkena katarak. Untuk mengulasnya, berikut beberapa penyebab dan cara mengobati katarak pada mata burung

cara mengobati mata burung katarak



Hasil penelitian yang pernah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Comparative Biochemistry and Physiolog mengungkapkan kaitan erat antara katarak yang terjadi pada burung dengan pigmen pheomelanin. Pigmen ini juga yang bertanggung jawab terhadap munculnya rambut/bulu dengan warna merah.

Katarak adalah gangguan yang terjadi pada mata akibat adanya peningkatan lapisan kabut atau pengeruhan pada lensa mata burung.  Katarak pada awalnya hanya berupa titik kecil berwarna bening keputihan, dan jika dibiarkan titik kecil itu lama-kelamaan akan melebar dan menutupi hampir seluruh lensa matanya. Pada kondisi tersebut, burung tentu tidak akan bisa melihat dengan lebih jelas. Bahkan jika dibiarkan tanpa pengobatan, katarak akan semakin lebar dan bisa mengenai kedua matanya. 

Burung-burung yang mempunyai bulu berwarna cerah seperti warna merah, oranye dan kastanye ternyata lebih rentan mengalami katarak dibandingkan burung dengan bulu berwarna gelap. Beberapa spesies burung diketahui memiliki antioksidan yang bisa mencegah efek dari paparan Ultra Violet, sedangkan burung berwarna cerah atau merah cenderung tidak memiliki perlindungan tersebut. 

Cara mengobati katarak pada burung

Meski katarak bukan termasuk penyakit keturunan, namun ada peluang burung tersebut menjadi lebih rentan terkena katarak yang dipicu oleh faktor eksternal seperti terkena paparan sinar UV maupun faktor pemicu lainnya.
Beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya katarak pada mata burung antara lain: 

  • Burung yang selalu kekurangan gizi.
  • Trauma sebagai dampak dari penyakit metabolis seperti obesitas, peradangan, diabetes dan infeksi.
  • Selalu terpapar cahaya ultra violet atau akibat penjemuran yang terlalu berlebihan.
  • Bisa juga akibat pantulan cahaya yang menyilaukan seperti tembok putih, kaca cermin atau spion, termasuk juga cahaya menyilaukan dari sambaran petir. 
Di luar hal tersebut, banyak kicaumania menganggap pemberian ulat hongkong yang terlalu berlebihan bisa memicu katarak, namun hal ini masih perlu dikaji lebih lanjut.
 
Cara mengobati katarak pada burung 

Pernah ada anggapan tidak mudah mengobati katarak atau katarak tidak bisa disembuhkan, namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Katarak bisa sembuh dengan pengobatan yang rutin dan teratur. Dengan begitu kepadatan atau pengeruhan pada lensa matanya bisa berangsur-angsur menipis sehingga burung bisa melihat dengan lebih baik. 

Katarak memang tidak bisa langsung sembuh begitu saja tanpa operasi, namun dengan menggunakan obat-obatan yang tepat katarak bisa sembuh meski membutuhkan waktu. 

Beberapa tahun silam, ada pernyataan seorang ahli yang menyebutkan bahwa katarak bisa disembuhkan dengan menggunakan madu alam yang masih mentah. Namun hingga kini belum ada catatan mengenai keberhasilan memanfaatkan madu untuk menyembuhkan katarak. 

Selain madu, penyembuhan katarak bisa juga dilakukan dengan menggunakan bunga kitolot. Kitolot adalah sejenis tumbuhan liar yang bunganya banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit mata. Namun pemakaian bunga kitolot umumnya membutuhkan proses penyembuhan yang sangat lama, apalagi jika dilakukan dengan cara-cara yang tidak steril. 

Cara pengobatan katarak pada burung yang lebih tepat bisa menggunakan Kitolot Plus buatan omkicau. Kitolot plus dibuat dari aneka jenis tanaman herbal yang penuh manfaat, salah satunya adalah bunga kitolot. Selain bisa mengurangi dan menyembuhkan katarak, Kitolot Plus juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit lain yang berkaitan dengan  mata termasuk snot dan patek. 

Demikan artikel mengenai cara mengobati katarak pada burung.

Salam kicau!!



Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas