Cabai jawa yang tak sepedas namanya

10/26/2016
Cabai jawa atau populer dengan sebutan cabe-cabean adalah spesies burung bertubuh kecil yang cukup umum ditemukan di beragam habitat, termasuk di halaman berpohon rindang yang ada di kawasan pemukiman. 





Burung cabai jawa memiliki nama lain Scarlet-headed flowerpecker (Dicaeum trochileum). Tubuhnya berukuran sangat mungil yaitu hanya sepanjang 8 cm saja, sedikit lebih kecil dari burung pleci kacamata. 

Burung cabai jantan dan betina dapat dibedakan dari penampilan dan warna bulunya. Pada burung jantan kepala, punggung, tunggir, dan dadanya berwarna merah-padam sedangkan perutnya berwarna putih keabu-abuan dan terdapat bercak putih di lengkungan sayapnya. Tunggir burung betina berwarna merah, tubuh bagian atas berwarna coklat yang tersapu warna merah buram di bagian kepala dan mantelnya, perut berwarna putih kusam. 



Cabai jawa adalah burung endemik Indonesia yang diketahui hidup hanya di wilayah Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok. Ada dua ras yang dikenal dengan penyebarannya masing-masing yaitu: 

  1. D.t. trochileum yang ditemukan di Pulau Bangka, Sumatra selatan (Lampung), Kalimantan selatan dan timur, Jawa dan Madura, Kepulauan Karimunjawa dan Bawean, Kangean, dan Bali.
  2. D.t. stresemanni yang ditemukan di Lombok. 

Spesies burung ini cukup umum ditemukan di semua habitat, termasuk di semak belukar, rumpun benalu, pekarangan, kebun, dan daerah terbuka seperti di perkotaan, daerah pantai maupun di hutan mangrove. 

Mencari makan berupa serangga dan buah-buahan, aktif mengunjungi pohon buah-buahan yang ada di halaman rumah sendirian maupun berpasangan. Suara khasnyar adalah besetan pelan berupa "zit,zit,..." dan suara seperti dengungan dalam nada tinggi.


Burung cabai jawa memang kurang begitu populer di kalangan kicaumania. Selain tidak memiliki suara yang bervariasi, cabai jawa juga kerap tidak tahan lama ketika dipelihara dalam sangkar. Namun begitu, tidak sedikit orang yang memelihara burung ini hanya untuk memancing pleci mereka berbunyi. 

Salam.
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »