close
close


Cucak hijau macet bunyi? Berikan saja kelabang

Banyak kicaumania yang mengeluh kalau burung cucak hijau rawatan mereka tetap tidak mau berkicau/macet bunyi meskipun telah melakukan beragam terapi untuk memulihkannya. Padahal jika kita melihat ke masa lalu, banyak kicaumania sering memberikan kelabang untuk burung miliknya yang macet bunyi. 

kelabang untuk burung



Kelabang adalah hewan berkaki banyak yang umum ditemukan di tempat-tempat yang lembab seperti dibawah tumpukan bata/batu, didalam lubang di tanah dekat akar pohon, dan sebagainya. Beberapa jenis hewan ini dianggap mempunyai bisa/racun yang dampaknya bisa kurang baik jika tersengat atau masuk ke dalam tubuh. 

Burung liar pun gemar menyantap kelabang meski hal itu dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pakannya. Namun perlu diketahui bahwa kelabang bukan termasuk pakan utama bagi beberapa jenis burung liar. Kebanyakan burung memangsa kelabang yang ditemuinya adalah untuk bertahan hidup. Itu sebabnya pula kenapa banyak jenis burung liar memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan yang burung peliharaan. 

kacer makan kelabang
Burung kecar yang memangsa kelabang


Bagi burung cucak hijau yang macet bunyi, pemberian kelabang bisa dilakukan setelah terlebih dahulu memotong bagian kepala dan ekor dari kelabang tersebut. Untuk menghindari racun/bisa mengenai kulit kita, sebaiknya menggunakan pinset untuk memasukkan tubuh kelabang ke dalam cepuk pakannya atau diberikan langsung pada burung. 

Kelabang sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan dan cukup satu kali saja dalam waktu seminggu. Selain itu, kelabang juga dapat diberikan pada burung yang macet bunyi, burung yang beres mabung, dan burung bakalan. Tidak dianjurkan memberikan kelabang pada burung yang sudah jadi / mapan karena dapat membuat bulu-bulunya menjadi rontok/nyulan. 

Semoga bermanfaat

Katalog Produk Omkicau