Manfaat dan cara memberikan daun ginseng untuk kenari

10/06/2016
Daun ginseng atau kolesom jawa adalah sejenis tanaman perdu yang sudah lama dikenal sebagai tanaman obat alami. Bagi penggemar burung kenari, daun dari tanaman ini cukup digemari karena dipercaya mampu mendongkrak stamina burung peliharaannya serta menjadikannya rajin berbunyi.  



Meskipun memiliki nama ginseng jawa namun tanaman ini bukan merupakan tanaman asli Pulau Jawa, melainkan berasal dari wilayah tropis Benua Amerika. Penamaan ginseng jawa disebabkan oleh tanaman ini yang mempunyai bentuk akar yang mirip dengan ginseng dari Korea. Selain itu juga memiliki khasiat yang sama yaitu sebagai penambah stamina.

Di kalangan kenari mania, manfaat daun ginseng dipercaya mampu mendongkrak stamina dan membuat burung peliharaan mereka semakin bertambah rajin berbunyi. Pemanfaatan daun ginseng sebagai pakan tambahan untuk kenari memang sudah dilakukan sejak lama. Hal tersebut terbukti dari banyaknya kenari-kenari jawara lomba yang selalu menyertakan daun ginseng dalam perawatan hariannya.

Meskipun belum ada penelitian mengenai manfaat daun ginseng atau kolosom jawa ini, namun khasiatnya sudah diakui secara turun temurun oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Daun ginseng dianggap dapat memulihkan kondisi tubuh dengan cepat dan juga meningkatkan stamina tubuh.

Adapun zat aktif yang terkandung dalam akar dan batang daun ginseng adalah saponin, flavonoid, dan tani. Sedangkan pada bagian daunnya memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi serta beberapa mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh

Beberapa manfaat daun ginseng untuk burung kenari yang selama ini dipercaya oleh banyak kicaumania antara lain:
  • Meningkatkan stamina burung kenari
  • Membantu pemulihan kenari yang sakit
  • Membantu menjaga daya tahan tubuh kenari
  • Merangsang burung untuk lebih rajin berbunyi
Cara memberikan daun ginseng pada kenari 

Memberikan daun ginseng pada burung kenari bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggantung batang dan daunnya di dalam sangkar atau memotong bagian daunnya dalam potongan kecil lalu mencampurkannya ke dalam pakan biji-bijian atau egg food. Namun sebelum digunakan sebaiknya daun ginseng tersebut terlebih dahulu dibersihkan dengan air bersih.

Demikian manfaat daun ginseng untuk mendongkrak stamina burung kenari agar lebih rajin berkicau.

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close