Tips perawatan anis merah macet bunyi setelah mabung

10/02/2016
Banyak yang beranggapan anis merah adalah jenis burung yang sulit ditebak karakternya. Anggapan tersebut muncul setelah banyak kicaumania mengeluhkan kondisi burung anis merah mereka yang sebelumnya gacor namun jadi macet bunyi. Untuk mengulasnya berikut tips perawatan anis merah macet bunyi setelah mabung.


Anis merah selama ini kerap dianggap sebagai burung yang penuh misteri. Ada kicaumania mengaku kalau anis merah mereka tetap rajin bunyi meski hanya dirawat seadanya saja, tapi tak sedikit pula yang mengeluh burung peliharaannya itu tetap ogah-ogahan mengeluarkan suaranya meskipun sudah dirawat dengan berbagai macam cara.

Faktor paling umum yang menyebabkan anis merah jarang mengelurkan kicauannya usai mabung adalah burung yang belum memasuki kondisinya. Beberapa spesies burung tertentu bahkan butuh waktu yang lebih lama untuk mengkondisikan diri seusai masa mabungnya. Setelah itu, mereka biasanya akan masuk pada tahap top form yang terlihat dari perubahan perilaku yang menjadi rajin bunyi, gampang teler, dan tampil lebih maksimal.

Sebagai panduan bagi anda, terutama pemula yang baru berkecimpung dalam dunia anis merah, berikut beberapa tips mengkondisikan anis merah setelah mabung:

Pada masa burung anis merah tersebut sedang menuntaskan masa mabungnya, hal yang perlu anda lakukan adalah selalu memberikan asupan pakan yang kaya nutrisi. Hal itu bisa disiasati dengan memberikan pakan yang berkualitas. Adapun untuk menjamin kebutuhannya tercukupi maka pemberian multivitamin bisa diberikan.

Setelah anis merah telah melewati masa mabungnya, maka selanjutnya adalah memberikan perawatan khusus atau treatmen untuk mengkondisikan burung dengan meniru pola hidup mereka di alam bebas atau bisa juga dengan memberikan pakan racikan yang dibarengi dengan perawatan hariannya yang rutin.

Salah satu bentuk perawatan khusus/treatmen yang umum dilakukan anis merah mania adalah memunculkan kembali naluri alaminya. Cara yang biasa dilakukan adalah memberi waktu burung tersebut bermain dengan lingkungannya.

Treatmen yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan sangkar harian yang mempunyai bagian kaki-kaki yang sangat pendek dengan bagian dasar sangkar yang hampir menyentuh permukaan tanah. Masukkan burung yang macet bunyi ke dalam sangkarnya tersebut. Setelah itu siapkan permukaan tanah yang akan digunakan sebagai terapinya.

Permukaan tanah yang akan digunakan untuk treatmen anis merah macet bunyi sebaiknya bersih dari segala kotoran termasuk kotoran hewan. Setelah itu, siram dengan sedikit air, kemudian dilanjutkan dengan menaburkan beberapa lembar daun kering di atasnya.
Sediakan beberapa cacing tanah hidup, lalu letakkan cacing-cacing tersebut di permukaan tanah yang sudah kita tentukan tadi.

Letakkan sangkar tepat di atasnya, lalu secara perlahan tarik sekat/laci yang terdapat pada bagian dasar sangkar. Sekat tersebut biasanya terdiri dari dua bagian yaitu sekat berjeruji dan sekat penampung kotoran. Setelah sekatnya ditarik/diangkat, maka sangkar itu pun akan beralaskan tanah.

Biarkan burung anis merah tersebut bermain-main dengan 'habitatnya' itu selama 1 - 2 jam. Selama itu pula keamanannya patut diperhatikan, terutama dari keberadaan hewan peliharaan lain maupun predator.
Untuk mencegah sangkarnya terguling akibat gerakan atau tertiup angin, anda bisa menaruh beban berat di atas sangkarnya.

Anis merah dikenal sebagai jenis burung yang senang bereksplorasi lingkungan di habitatnya. Selain itu, selalu berada dalam lingkungan yang "itu-itu saja" akan cenderung membuatnya mudah bosan yang berujung pada stres. Oleh karena itu, usahakan agar setiap hari anda menggantung sangkarnya di tempat yang berbeda dan sejuk.

Demikian tips merawat anis merah macet bunyi paska mabung. Dengan melakukan pola rawatan yang teratur didukung dengan pemberian pakan dan multivitamin yang tepat, maka burung pun akan rajin berbunyi dan bahkan bisa teler kembali.


Salam kicau
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »