Tips perawatan burung-madu lomba

10/20/2016
Memelihara burung-madu / kolibri untuk dilombakan tentu membutuhkan perhatian lebih khususnya dari segi pemberian pakan hariannya. Meskipun burung-madu dikenal sebagai pemakan serangga, namun jenis burung ini juga membutuhkan asupan nektar untuk mendapatkan energinya. Berikut tips perawatan burung-madu lomba.


perawatan burung-madu lomba


Tidak jauh berbeda dengan hummingbird (burung kolibri yang sebenarnya), burung-madu juga membutuhkan nektar untuk memulihkan energi mereka yang habis terbuang. Bagi spesies burung dari keluarga Nectariniidae nektar ibarat bahan bakar bagi mereka yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas harian mereka termasuk berkicau untuk memanggil maupun mengancam burung yang memasuki wilayah mereka.

Oleh karena itu, kebutuhan akan nektar tersebut harus dipahami dengan benar oleh kicaumania yang memelihara burung-madu di rumahnya, terlebih lagi banyak kasus kematian jenis burung ini yang diakibatkan oleh pola perawatan yang kurang tepat. Berikut beberapa perawatan umum burung-madu untuk rumahan maupun dilombakan. 

Pakan untuk burung-madu

Nektar adalah cairan kaya glukosa/gula yang dihasilkan oleh bunga. Sebagian besar burung dari keluarga nectariniidae membutuhkan nektar untuk menjaga stamina mereka. Sayangnya, nektar asli yang berasal dari bunga mudah menguap jika terkena udara, alhasil pakan ini tidak dapat disimpan dalam cepuknya untuk waktu lama.

Sebagai alternatifnya, banyak kicaumania memberikan madu atau air gula guna melengkapi kebutuhan harian burung yang dipeliharanya. Namun sebaiknya pemberian madu dan air gula dilakukan dengan cara bergantian / selang-seling setiap beberapa hari sekali guna menjaga kondisinya agar tetap rajin bunyi dan siap lomba.

Secara umum, burung-madu adalah pemakan arthropoda (laba-laba) serta beberapa jenis serangga lainnya. Kebutuhan akan laba-laba biasanya semakin meningkat pada musim kawin dan berkembang biak. Laba-laba dipercaya dapat meningkatkan birahi burung dengan cepat, sehingga banyak kicaumania menyertakan binatang berkaki delapan ini dalam pakan tambahannya.

Adapun pakan tambahannya yang lain adalah kroto dan ulat hongkong. Kroto diberikan dalam bantuk kapsul/telur yang diberikan dalam jumlah beberapa butir saja, sedangkan untuk ulat hongkong diberikan yang ulat telah berganti kulit (berwarna putih).

Perawatan harian burung-madu


Pemberian pakan adalah hal penting dalam perawatan harian burung-madu yang dipelihara untuk rumahan maupun dilombakan. Namun jika disertai dengan pola rawatan harian lainnya maka perawatan burung-madu akan menjadi lebih sempurna. Berikut ini beberapa pola rawatan harian burung-madu untuk rumahan atau dilombakan.

Rutin menjemur burung di pagi hari dengan lamanya penjemuran disesuaikan dengan kebutuhan. Penjemuran biasanya berlangsung selama 1- 2 jam namun untuk burung yang dianggap kurang birahi atau jarang bunyi maka penjemurannya bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

Mandi diberikan setiap beberapa hari sekali, namun pada burung yang akan dilombakan biasanya pemberian mandi akan dihentikan atau tidak memandikan burung selama beberapa hari. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisinya agar selalu siap tempur ketika berlomba.

Pengerodongan umum dilakukan untuk menjaga kondisi burung-madu agar tetap memiliki energi dan stamina yang cukup saat bertemu lawannya di arena lomba atau latihan. Untuk burung yang akan disiapkan untuk lomba, pemberian kerodong sebaiknya dilakukan setiap hari dan hanya dibuka pada waktu burung sedang dimandikan, dijemur, dan diangin-anginkan saja.

Untuk merangsang agar burung-madu mempunyai mental tarung yang lebih baik dengan gaya berkicau yang lebih bersemangat, maka setiap seminggu sekali atau sebelum burung dilatih/dilombakan dapat dilakukan pengecasan dengan burung betina.

Sedangkan untuk melatih mental burung muda agar tidak mudah ngedrop ketika bertemu lawan mainnya yang cukup banyak di arena lomba, maka setiap seminggu sekali burung tersebut dilatih dengan burung sejenis dalam sebuah latihan kecil-kecilan bersama rekan satu komunitas.

Demikian beberapa tips perawatan burung-madu khususnya untuk rumahan maupun dilombakan.

Salam kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close