Cara memandikan burung yang kutuan dengan daun sirih dan kemiri

11/15/2016
Sudah banyak kicaumania yang mengobati burung peliharaan mereka yang terinfeksi kutu dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk memandikannya. Cara tersebut dianggap cukup efektif membasmi kutu yang selama ini membandel. Untuk menambah wawasan anda, berikut tips memandikan burung yang kutuan dengan  daun sirih dan kemiri.

Cara memandikan burung yang kutuan dengan  daun sirih dan kemiri



Burung yang sudah terinfeksi kutu tentunya dapat mengganggu penampilannya, selain itu kondisi burung juga akan rentan stres yang berujung pada malas untuk berbunyi. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan memberikan obat-obatan yang tepat dan terjamin keampuhannya. 

Di toko-toko perlengkapan burung kicauan, pasti banyak ditemukan aneka jenis merk dan bentuk obat kutu yang ditawarkan. Namun begitu diperlukan ketelitian sebelum menggunakan obat-obatan tersebut karena dikhawatirkan mengandung zat / bahan kimia yang justru dapat membahayakan burung yang menggunakannya.

FreshAves adalah sejenis desinfektan yang menggunakan bahan-bahan yang aman dan terbukti cukup ampuh mengatasi berbagai masalah parasit yang mengganggu burung dan sangkarnya termasuk kutu dan tungau. FreshAves bisa didapatkan di agen-agen omkicau terdekat di kota anda. 

Alternatifnya, daun sirih dan kemiri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kutu yang menyerang burung peliharaan. Berikut cara memandikan burung yang kutuan dengan daun sirih dan kemiri.

Bahan yang digunakan:
 

☛ butir biji kemiri
☛15 lembar daun sirih
 

Cara membuat: 

Daun sirih direbus sampai mendidih, setelah itu campurkan 5 butir biji kemiri yang telah ditumbuk hingga halus. Kemudian aduk hingga merata, lalu dinginkan.
 

Sebelum digunakan, air rebusan tersebut terlebih dahulu disaring untuk membuang ampasnya. Air hasil saringan itulah yang kemudian digunakan untuk memandikan burung yang kutuan. 

Adapun cara yang tepat memandikan burung kutuan adalah dengan menggunakan semprotan yang disemprotkan langsung pada bagian-bagian tubuh burung seperti:

- Bulu sayap dan bawah sayap  
- Bulu ekor dan pangkal ekor 
- Punggung dan perut  
- Leher hingga belakang kepala. 

Cara lainnya adalah menangkap burung lalu dimandikan dengan menggunakan tangan dengan cara mencelupkan tubuh burung pada wadah yang berisi air rebusan daun sirih sambil diusap-usap dengan jari tangan. 

Selamat mencoba
 



Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »