Ciri-ciri suara pleci dari bentuk paruh

11/01/2016
Meskipun memiliki ciri fisik yang hampir sama namun setiap individu pleci punya perbedaan dalam hal karakter suaranya. Plecimania yang sudah berpengalaman tentu dapat mengetahui perbedaan suara tersebut dengan mengamati bentuk paruhnya. Untuk menambah wawasan anda, berikut ciri-ciri suara pleci dari bentuk paruh

Ciri-ciri suara pleci dari bentuk paruh



Selama ini bentuk paruh selalu menjadi acuan dalam pemilihan burung yang dianggap bersuara bagus. Contohnya saja murai batu, kacer dan cucak hijau, banyak kicaumania yang menganggap paruh burung yang tebal dengan lingkar hidung yang tembus di masing-masing sisinya itu memiliki suara yang lebih kencang. 

Adapun pada burung pleci, ciri-ciri suara kicauannya dapat dikenali dengan mengamati bentuk paruh seperti berikut ini:

  1. Pangkal paruh lebar dengan bentuk paruh panjang, lurus dan agak tebal pada paruh bagian atasnya menandakan bahwa pleci tersebut dapat bersuara lebih keras dengan lagu-lagu yang panjang dan bervariasi. Namun pada umumnya burung tersebut tidak terlalu rajin bunyi.
  2. Pangkal paruh lebar dengan bentuk paruh agak pendek, lurus dan tebal pada bagian atasnya menandakan bahwa pleci tersebut bertipe ngerol dengan volume suara yang cukup kencang. Bentuk paruh seperti ini umumnya mencirikan bahwa burung tersebut mudah bunyi.
  3. Pangkal paruh lebar dengan bentuk paruh tipis, panjang dan lurus menandakan bahwa pleci tersebut cukup responsif terhadap suara-suara. Mempunyai lagu yang panjang dan bervariasi. Bentuk paruh seperti ini umumnya menjadikan burung menjadi sangat rajin berbunyi.
  4. Pangkal paruh lebar dengan bentuk paruh yang melengkung menandakan bahwa pleci tersebut memiliki suara dan lagu yang pendek dan cenderung ngeban (kurang variasi). Namun bentuk paruh seperti ini menjadikan burung  lebih rajin bunyi.
  5. Pangkal paruh sempit dengan bentuk paruh panjang, tipis dan lurus menandakan bahwa pleci tersebut memiliki karakter lagu pendek dan tidak dapat berkicau dengan harmonis alias kurang gacor dan cenderung cuit-cuitan saja. 
 Itulah ciri-ciri suara pleci dari bentuk paruhnya. Namun tentu saja hal di atas masih berupa anggapan saja yang berdasarkan pada pengalaman para plecimania di Nusantara. 

REFERENSI: Paseduluran Cici Kacamata Zosterops


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close