DI tempat ini, jalak ungu menjadi makanan buaya

12/29/2016
Buaya penghuni taman reptil di Queensland, Australia kini mendapatkan jenis pakan baru yang jumlahnya cukup berlimpah. Pakan baru tersebut adalah jenis burung yang dikenal sebagai kerak ungu / jalak ungu. Burung pandatang ini memang telah lama membuat repot pemerintah setempat karena sifatnya yang agresif sehingga mengusir burung-burung asli Australia. 

burung jalak ungu


Di Australia, kerak ungu adalah jenis burung yang pada masa lalu sengaja didatangkan ke Australia untuk mengusir burung-burung perusak ladang pertanian. Namun setelah beberapa tahun, populasi kerak ungu ternyata semakin meningkat pesat dan mulai mengancam keberadaan jenis burung asli Australia dan juga menyebarkan penyakit dengan kotorannya yang berserakan di mana-mana. 

Spesies burung yang dianggap hama itu kini banyak diburu untuk dibasmi. Salah satunya adalah untuk dijadikan sebagai makanan buaya-buaya di Snakes Downunder Reptile Park, Childers. Memanfaatkan burung kerak ungu sebagai makanan buaya dianggap sangat masuk akal daripada hanya dibuang begitu saja atau dikubur. 

Selama beberapa tahun, pemerintah Australia berusaha membasmi burung kerak ungu yang dianggap sebagai hama tersebut. Bahkan untuk mendukung program mereka, pemerintah memberikan kompensasi sebesar 2 Dollar Australia untuk satu ekor burung kerak ungu yang ditangkap oleh penduduk setempat. Dewan pun akan meminjamkan perangkap burung kepada warga yang tertarik menangkap burung tersebut. 

Kerak ungu atau Common/Indian myna dianggap sebagai salah satu spesies terburuk yang diperkenalkan ke Australia lantaran perilaku mereka yang cukup agresif. Burung ini mengusir burung-burung asli dan hewan-hewan marsupial pohon.

Setelah tertangkap, burung kerak ungu itu akan dikumpulkan lalu dibunuh dengan menggunakan gas setelah itu disimpan dalam freezer. Bangkai-bangkai burung itu kemudian dimanfaatkan sebagai makanan untuk buaya-buaya dan juga biawak.
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close