Trik menjinakkan burung pleci dengan sebatang lidi

12/07/2016
Pleci bakalan umumnya masih memiliki sifat yang sangat giras/liar. Kondisi tersebut tentu dapat membuat perawatan hariannya menjad kurang maksimal karena burung yang selalu ketakutan setiap kali kita ganti pakan / minum dan tidak mau bunyi jika melihat orang yang lalu lalang di dekatnya. Untuk mengatasinya, berikut tips dan trik menjinakkan burung pleci dengan sebatang lidi

trik penjinakkan burung pleci dengan sebatang lidi


Sebatang lidi sanggup menjinakkan burung liar? Mungkin kedengaran mustahil tapi trik ini sudah lama dilakukan kicaumania di Indonesia. Metode penjinakkan burung menggunakan lidi memang sudah sering dilakukan dan hasilnya pun cukup memuaskan. 

Secara umum, ada dua metode penggunaan lidi untuk menjinakkan pleci yaitu sebagai alat untuk memberi makanan dan juga untuk agar burung terbiasa diusap-usap. Nah, berikut dua metode menjinakkan pleci dengan lidi. 

Cara #1, menggunakan lidi untuk memberi makanan
  1. Gunakan lidi dengan ukuran panjang sekitar +/- 30 cm, kemudian ambil satu ekor ulat hongkong putih lalu tusukkan pada ujung batang lidi tersebut.
  2. Berikan pada burung yang masih liar tersebut. Jarak antara tangan kita yang memegang lidi dengan ulat akan membuat burung mau mengambil makanannya tersebut.
  3. Setiap hari ukuran panjang lidi tersebut dipotong sebanyak +/- 5 cm. 
  4. Setelah beberapa hari ukuran lidi tersebut akan terus semakin pendek, dan jarak tangan dengan ulat pun akan semakin dekat, namun burung tetap mau mengambilnya karena sudah terbiasa. 
  5. Pada hari terakhir ketika batang lidi sudah sangat pendek, kita rubah metode dengan memegang langsung ulat tersebut dengan jari tangan kita. 
  6. Kalau burung sudah terbiasa, maka mereka akan tidak merasa ragu-ragu lagi mengambil makanannya langsung dari jari kita. 
  7. Sedangkan jika burung masih tampak ketakutan, maka metode ini dapat diulangi dengan menggunakan batang lidi yang lebih pendek. 

Cara #2, mengusap burung dengan lidi. 

Cara yang akan dilakukan berikut ini tidak jauh berbeda dengan cara pertama, hanya saja kita tidak menggunakan ulat hongkong untuk memancingnya mendekat. 

  1. Gunakan batangan lidi tersebut untuk mengusap-usap burung ,khususnya bagian pundak dan lehernya. 
  2. Setiap hari batangan lidi tersebtu dipotong hingga menjadi pendek.
  3. Jika batang lidi terlalu pendek maka pelatihannya dapat dilakukan langsung di dalam sangkarnya. 
  4. Lakukan terus sampai panjang lidi semakin dekat dengan jari yang memegangnya. 
  5. Setelah terlalu pendek, maka kita dapat mengusap-usap burung dengan jari tanpa menggunakan bantuan lidi tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video tips menjinakkan burung pleci dengan lidi dari plecimania berikut ini: 




Salam 


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close