Bahayakah burung makan kecoa?

1/05/2017
Banyak alternatif pakan tambahan yang bisa diberikan pada burung peliharaan, termasuk juga serangga dan kumbang liar. Salah satu jenis serangga yang tidak begitu umum digunakan sebagai extra fooding adalah kecoa. Lalu kecoa yang bagaimanakah yang cocok untuk burung peliharaan, dan bahayakah jika burung memakan kecoa? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

kecoa untuk burung



Kecoa, lipas atau coro adalah jenis serangga dari kelompok Blattodea yang terdiri dari 3.500 spesies yang terbadi dalam 6 familia. Serangga ini terdapat di hampir seluruh belahan bumi, kecuali di wilayah kutub. Dari beberapa jenisnya itu, ada beberapa yang cukup umum dimanfaatkan sebagai pakan hewan peliharaan, khususnya ikan hias, reptil dan burung kicauan. 

Secara umum ada dua jenis kecoa yang umum dipelihara untuk dijadikan sebagai pakan burung kicauan. Kedua jenis kecoa tersebut adalah:
  1. Kecoa batu  atau kecoa tanah
  2. Kecoa dubia atau dubia roaches
Memberi makan burung peliharaan dengan kecoa dapat dilakukan jika sumber / asal usul kecoa tersebut sudah diketahui, misalnya dari hasil ternakan dan tidak terkontaminasi bakteri. 

Adapun kecoa domestik / kecoa rumahan sangat tidak dianjurkan karena hidup di tempat-tempat kotor seperti selokan dan tempat sampah. Selain membawa parasit dan bakteri, kecoa rumahan juga kebanyakan telah mengalami penyemprotan dengan pestisida. Hal itu tentu akan membuat anda berpikir dua kali sebelum memberi makan burung dengan kecoa rumahan. 

Hal yang berbeda ditemukan pada kecoa yang dipelihara atau diternak, karena serangga tersebut umumnya akan mendapat pasokan pakan yang alami serta terhindar dari racun pestisida. 

Semoga bermanfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close