Cara merawat burung perkutut bangkok agar rajin bunyi

1/30/2017
Perkutut bagi sebagian orang dianggap sebagai jenis burung peliharaan yang cukup istimewa. Bahkan mereka kadang memperlakukan burung ini dengan sangat khusus, mulai dari memandikan dengan cara dipegang, memberikan jamu-jamu hingga menjemur dengan cara dikerek. Semua itu dilakukan agar momongan kesayangannya semakin bertambah rajin berbunyi. Nah, tips berikut akan membantu anda cara merawat burung perkutut bangkok agar semakin rajin berbunyi.



Memelihara burung perkutut memilliki keunikan tersendiri. Bagi yang percaya, memilih perkutut tidak bisa dilakukan secara serampangan dan harus dilakukan dengan memeperhatikan katuranggan dari burung tersebut. Bahkan ada banyak mitos-mitos yang beredar seputar burung perkutut. Tapi terlepas dari itu semua, kalau sudah menyangkut hobi maka semua hal itu bisa diabaikan, dengan demikian suara perkutut yang dipelihara akan terdengar menjadi lebih adem. 

Merawat burung perkutut juga bukan pekerjaan yang instan, tidak sedikit burung yang jarang berbunyi karena perawatannya yang kurang tepat. Tapi dengan menerapkan pola rawatan berikut ini secara rutin dan teratur, mudah-mudahan momongan anda itu dapat semakin rajin bunyi dengan suaranya yang lebih merdu dari sebelumnya.
 

Menghilangkan kutu 

Yang paling utama dalam perawatan burung perkutut agar rajin bunyi adalah selalu menjaga kebersihan sangkar dan tubuhnya. Burung yang selalu terganggu oleh infeksi kutu tentu akan membuatnya terus menerus merasa tidak nyaman, sehingga akan mengurangi penampilan dan kegacorannya. Oleh karena itu, membersihkan bulu-bulunya dengan cairan khusus seperti FreshAves dapat dilakukan agar burung bisa terbebas dari serangan kutu. Alternatifnya anda dapat memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk memandikannya. 

Melakukan penjemuran 

Penjemuran bisa dilakukan setelah burung perkutut tersebut dimandikan. Penjemurannya pun dapat dilakukan dengan cara diletakkan di bawah atau digantung menggunakan tiang kerekan. Yang penting perkutut tersebut mendapatkan sinar matahari yang dapat memberinya nutrisi tambahan.  Penjemuran biasanya dilakukan mulai pukul 07 s/d 09:30 pagi. 

Memutarkan suara burung 

Hal rutin lainnya adalah pada waktu burung sedang dijemur, anda bisa memutarkan suara burung perkutut lain untuk memancingnya berbunyi. Putarkan suara perkutut melalui perangkat elektronik seperti hp/smartphone atau pemutar audio mp3. 

Memberikan multivitamin

Pemberian multivitamin adalah hal penting dalam perawatan burung perkutut untuk menjaga kondisi dan kesehatannya. Burung yang sehat tentu akan semakin rajin berbunyi. Multivitamin seperti BirdVit dapat diberikan setiap beberapa hari sekali yang dicampuran dalam air minumnya. 

Pemberian pakan yang tepat 

Perkutut adalah burung pemakan biji-bijian, sehingga dalam perawatan hariannya mereka membutuhkan pakan yang lebih bervariasi. Untuk membuat burung semakin rajin berbunyi, maka campuran biji-bijian berikut ini dapat diberikan setiap hari, yaitu: 

Milet, gabah, jewawut, ketan hitam, godem, kacang hijau dan beras merah.

Menggantung di tempat teduh 

Setelah waktu siang hari, burung perkutut sebaiknya digantung di tempat yang teduh. Hal terebut untuk memberikan kenyamanan dan membuat burung terpancing rajin berbunyi. 

Itulah beberapa tips bagaimana merawat burung perkutut bangkok agar rajin berbunyi.

Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close