Ragam cara menangkap kembali burung yang lepas

1/17/2017
Mimpi terburuk kicaumania adalah ketika burung kesayangannya lepas begitu saja dari sangkar hariannya. Lepasnya burung tersebut bisa terjadi akibat kecelakaan maupun ketidaksengajaan. Ragam cara pun dilakukan demi bisa menangkap kembali burung yang lepas tersebut. 

menangkap burung yang lepas
Cara menangkap burung yang lepas


Banyak kasus burung yang lepas terjadi akibat ketidaksengajaan, misalnya pada waktu memberi makan atau minum kemudian lupa menutup pintu sangkarnya, ataupun burung yang lepas akibat jeruji karamba mandi yang jebol. Sedangkan kasus lainnya adalah sangkar yang terjatuh oleh angin kencang, gantangan yang tidak kuat maupun diserang kucing / hewan predator.

Apapun penyebabnya, kehilangan burung kesayangan adalah sesuatu yang pastinya menyesakkan dada. Apalagi jika burung tersebut didapat dengan harga yang lumayan atau memiliki kenangan tersendiri. Tetapi jangan khawatir, jika anda telah menguasai trik-trik cara menangkap burung maka burung yang lepas tersebut dapat kembali pulang ke rumah dengan selamat.   

Secara umum, ada beragam cara menangkap kembali burung yang lepas. Cara-cara  menangkap burung tersebut antara lain:
  • Menggunakan kandang kosong atau kandang jebakan.
  • Menggunakan semprotan yang berisi air sabun.
  • Menggunakan getah pulut.
  • Membuat perangkap.

Menggunakan kandang kosong 

Menangkap burung yang lepas menggunakan sangkar kosong yang berukuran luas. Sebelum digunakan, pastikan anda telah mengetahui posisi burung yang lepas tersebut. Buka pintu sangkarnya, setelah itu masukan cepuk pakan besar yang berisi jangkrik dan ulat hongkong.  

Setelah itu, arahkan sangkar pada burung yang lepas itu sambil menarik perhatiannya dengan menjatuhkan beberapa ekor jangkrik ke dalamnya. Jika burung tertarik maka akan langsung menghampiri sangkar dan masuk ke dalamnya. Pada saat itulah pintu sangkar sesegara mungkin ditutup dengan tangan. 

Untuk metode ini perlu kesabaran ekstra tinggi, terutama jika burung yang lepas itu masih dalam kondisi belum jinak. 

Menggunakan kandang jebakan 

Kandang jebakan yang banyak dijual di pasaran umumnya menggunakan dua buah pintu yang ditarik menggunakan karet atau pegas. Jebakan tersebut memang cukup ampuh untuk menangkap burung. Namun jika terlalu keras menutup tentu dapat melukai kepala burung tersebut. 

Cara menggunakan kandang jebakan tersebut cukup mudah, yaitu dengan memasukkan burung sejenis yang sudah gacor maupun burung betina di sangkar paling bawah. Setelah pintu jebakannya kita angkat dan dicantelkan / dikaitkan pada tenggeran pemicunya, masukkan wadah yang berisi serangga misalnya ulat hongkong atau jangkrik di atasnya. 

Kandang jebakan tersebut kemudian digantungkan di tempat di mana burung terlihat terakhir kalinya. Ketika merasa terpancing, burung yang lepas itu akan segera menghampiri sangkar dan langsung tertarik pada makanan yang telah disediakan. Pada waktu kakinya menginjak tenggeran, maka hal itu akan memicu karet / pegas untuk menutup pintu dan membuat burung terjebak di dalamnya. 

Untuk informasi lebih lengkap, silakan simak lagi cara-caranya dalam tulisan berikut ini:


Menggunakan sprayer / semprotan 

Menangkap burung yang lepas dapat juga dilakukan dengan menggunakan sprayer atau semprotan yang biasa digunakan untuk memandikan burung. Namun pada kali ini, bukan air bersih yang digunakan melainkan air sabun.
Ketika melihat burung yang lepas, segera semprotkan tubuhnya dengan air sabun tersebut. AIr sabun yang lengket tentu akan membuat sayapnya tidak bisa digunakan sehingga membuatnya lebih mudah untuk ditangkap. Segera bersihkan dengan air bersih setelah burung berhasil ditangkap. 


Membuat getah pulut 

Getah atau pulut digunakan sebagai solusi terakhir jika burung lepasan tersebut tidak mau masuk ke dalam sangkarnya. Cara membuat getah pulut ini sebenarnya cukup mudah, namun yang sulit adalah mencari bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Mengumpulkan getah yang keluar dari batang pohon nangka, setelah itu direndam dalam air dan direbus sampai warnanya berubah kecoklatan. 
  • Getah tersebut kemudian dioleskan pada sebuah ranting / batang kayu yang akan digunakan sebagai tenggeran. Letakkan ranting/tenggeran tersebut di tempat burung terlihat terakhir kalinya. 
  • Untuk memancing burung bertengger dapat dilakukan dengan menempelkan jangkrik / ulat hongkong pada ranting yang sudah dilapisi getah tersebut.
Membuat aneka perangkap 

Ada banyak cara membuat perangkap untuk menangkap burung. Cara-cara tersebut dapat anda simak lagi dalam tulisan agrobur berikut ini:

Semoga manfaat





 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus