Sepuluh cara membedakan lovebird jantan dan betina lengkap

2/20/2017
Banyak penggemar lovebird yang mengaku mengalami kesulitan ketika membedakan jenis kelamin burung mereka yang akan diternak. Penampilan jantan dan betina burung lovebird memang memiliki kemiripan satu sama lainnya, sehingga bisa menyusahkan orang yang berniat menangkarkannya.

Sepuluh cara membedakan lovebird jantan dan betina lengkap
Cara membedakan lovebird jantan dan betina

 Penampilan burung lovebird jantan dan betina memang sulit dibedakan karena memiliki kemiripan satu sama lainnya. Hal itu pula yang diakui oleh banyak penggemar lovebird yang mencoba menangkarkannya. Tapi jangan keburu putus asa, karena berdasarkan pengalaman para peternak lovebird di Indonesia, kita bisa membedakan lovebird jantan dan betina dengan mengamati beberapa ciri-ciri berikut ini.

Secara umum, lovebird terbagi dalam tiga kelompok sesuai tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya. Ketiga kelompok tersebut adalah:

Kelompok Dimorfik yang mudah dibedakan jenis kelaminnya. Kelompok ini terdiri dari jenis-jenis:
  • Black-winged lovebird atau Abyssinian lovebird (Agapornis taranta)
  • Madagascar lovebird (Agapornis cana)
  • Red-faced lovebird (Agapornis pullaria)

Kelompok Intermediate, yang cukup sulit dibedakan. Jenis lovebird yang masuk dalam kelompok ini adalah Black collared lovebird atau Agapornis swinderniana. 

Kelompok Lovebird Kacamata, yang jenis kelaminnya tidak konsisten sehingga sulit dibedakan. Burung-burung yang masuk dalam kelompok lovebird kacamata adalah:
  • Lilian's lovebird / Nyasa lovebird (Agapornis lilianae)
  • Black-cheeked loveird  (Agapornis nigrigenis)
  • Fischer's lovebird (Agapornis fischeri)
  • Masked lovebird atau Yellow-collared lovebird (Agapornis personatus)

Seperti pepatah "Pengalaman adalah Guru yang paling berharga", kini pengetahuan para peternak perihal cara membedakan jenis kelamin lovebird sedikit demi sedikit mulai terasah. Banyak dari mereka yang mampu mengenali ciri-ciri lovebird jantan dan betina hanya dengan mengamati perilaku dan penampilan fisik. 

Terkait hal tersebut, agrobur.com merangkum 10 cara bagaimana membedakan jenis kelamin lovebird yang paling akurat.  

1. Mengamati bentuk paruh 

Bentuk paruh burung lovebird jantan umumnya lebih runcing dan lebih sempit, sedangkan bentuk paruh yang rata-rata dimiliki oleh lovebird betina berujung tumpul, besar dan melebar. 

2. Mengamati bentuk fisik 

Lovebird jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil daripada burung betina. Bagian kepalanya berbentuk papas atau cepak. Sedangkan lovebird betina memiliki bagian kepala yang bulat. 

3. Mengamati bentuk sayap 

Ujung sayap yang dipunyai burung lovebird jantan akan terlihat menyilang, sedangkan ujung sayap pada burung betina tidak menyilang / tidak saling bertemu. 

4. Mengamati bentuk ekor 

Rata-rata ekor burung lovebird jantan berujung runcing / lancip sedangkan pada burung betina, ujung bulu ekornya cenderung merata. 

5. Mengamati cara bertengger 

Lovebird jantan umumnya bertengger dengan kaki yang sedikit rapat, sedangkan betina bertengger dengan kaki yang terbuka / melebar. 

6. Mengamati jenis kelamin dengan  bandul 

Alternatif lain yang digunakan peternak untuk membedakan jenis kelamin lovebird adalah menggunakan pendulum atau bandul. Di sini peternak menggunakan media logam atau cincin yang diikatkan pada seutas tali. Burung lovebird dipegang dengan tangan kiri, sementara tangan yang lain memegang pendulum sampai bergerak. 

Gerakan pendulum tersebut akan memberikan prediksi mengenai jenis kelamin lovebird tersebut. Cincin yang bergerak maju mundur menandakan kalau burung berjenis kelamin jantan, sedangkan jika gerakan cincin memutar maka itu artinya lovebird tersebut berjenis kelamin betina. 

Baca: Mengecek jenis kelamin burung dengan pendulum

Metode pendulum atau bandul ini memang tidak bisa dijadikan patokan yang tepat, dan lebih merupakan prediksi saja. Namun metode ini ternyata sudah cukup umum digunakna para peternak di mancanegara selama berabad-abad.

7. Mengamati supit udang atau tulang supit

Burung jantan memiliki tulang supit yang lebih sempit dan terasa tajam, sedangkan tulang supit betina lebih lebar dan lunak. 

8. Mengamati perilaku 

Perilaku lovebird jantan ketika masa birahi biasanya akan selalu terlihat manggut-manggut ketika berada dekat betinanya. Mereka juga akan mengeluarkan suara berupa " tik-tik-tik atau cit-cit-cit". Selain itu, lovebird jantan juga sering terlihat berusaha melompai burung betina dan gemar mondar-mandir sambil memanggil pasangan. 

Baca: Solusi lovebird kawin tangkringan

Burung jantan dapat pula dilihat dari yang pertama atau yang paling sering memberikan makanan / meloloh pasangannya. Ciri-ciri lain yang cukup jitu adalah lovebird jantan akan terlihat gesek tangkringan dan menaiki tubuh pasangannya. 

9. Mengamati ketika membuat sarang

Ketika akan membuat sarang, burung lovebird betina adalah yang paling aktif.  Lovebird betina akan selalu terlihat sangat rajin mengumpulkan bahan-bahan sarang. 

10. Melakukan uji DNA 

Uji DNA adalah hal terakhir yang dapat dilakukan jika peternak tetap merasa kewalahan membedakan jenis kelamin burung yang dirawatnya. Tes DNA akan memberikan keakuratan sebesar 100 persen dengan menguji sampel yang dibawa peternak, yaitu bulunya. 

Demikian 10 cara membedakan jenis kelamin lovebird yang paling lengkap. Untuk selanjutnya anda dapat menyimak tips-tips lovebird lainnya berikut ini: 

Langkah mudah menjodohkan dan menangkarkan burung lovebird

Lima cara agar lovebird cepat bertelur


Semoga manfaat

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close