Ini cara merawat burung jalak rio agar rajin bunyi

2/18/2017
Dalam bahasa Inggris, jalak rio dikenal dengan nama Grosbek starling yang memiliki nama ilmiah Scissirostrum dubium adalah burung endemik Pulau Sulawesi. Spesies burung ini merupakan kerabat dekat jalak kerbau dan jalak-jalakan lainnya. Nama jalak tunggir merah sendiri merujuk pada bulu di pangkal ekornya yang berwarna kemerahan.

perawatan harian burung jalak rio


Jalak rio-rio atau jalak tunggir merah memang kurang begitu populer di kalangan kicaumania, namun begitu tidak sedikit orang yang sengaja mencarinya untuk dijadikan masteran.Suaranya yang tajam dan nyaring dengan besetan yang mirip suara burung cililin itulah yang membuat jalak rio-rio ini lebih dikenal sebagai burung masteran. 

Perawatan harian jalak rio 

Sebagaimana burung dari keluarga jalak-jalakan lainnya, perawatan harian jalak rio terbilang cukup mudah. Secara umum jalak rio adalah pemakan buah-buahan dan juga serangga. 

Untuk membuatnya rajin berbunyi, anda cukup menyediakan buah-buahan yang disukainya seperti pisang atau pepaya, selain itu berikan juga pakan tambahannya yang lain seperti jangkrik dan ulat hongkong. 

Perlu diketahui juga kalau jalak rio sebenarnya sangat gemar mandi, jadi kalau memasukkan cepuk minum berukuran besar maka tidak berapa lama mereka akan segera mandi sehingga mengotori air minumnya. 

Mandi bisa dilakukan dengan menggunakan sprayer atau karamba mandinya. Jangan lupa juga setelah mandi burung diangin-anginkan sebentar lalu dijemur di bawah sinar matahari selama 1 - 2 jam. 

Salam ngoceh!  
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close