Lima macam cara atasi burung macet bunyi

2/13/2017
Sebagian kicaumania beranggapan bahwa perawatan burung yang macet bunyi adalah hal yang paling sulit, sehingga banyak dari mereka yang memilih menjual kembali momongannya yang mogok suara tersebut. Padahal, jika dilakukan dengan perawatan yang tepat dan teratur, tentu burung tersebut akan kembali bersuara dengan rajin. Untuk membantu kicaumania, berikut lima macam cara atasi burung macet bunyi.

cara atasi burung macet bunyi


Banyak penyebab mengapa burung peliharaan yang semula rajin berbunyi itu mendadak jadi mogok bersuara. Umumnya hal ini berkaitan erat dengan kondisi fisik dan mental dari burung tersebut, seperti burung yang sedang sakit atau trauma. Untuk mengatasinya tentu harus dilakukan dengan sangat penuh perhatian, terutama memenuhi semua kebutuhan hariannya. 

Macet bunyi umumnya disebabkan oleh kondisi burung yang sedang kurang fit, kurang stamina, ngedrop mental maupun trauma. Untuk mengatasinya maka dibutuhkan pola perawatan secara khusus guna memulihkan kondisinya tersebut. Lima macam cara berikut ini dapat diterapkan untuk mengatasi burung yang macet bunyi. 

Langkah-langkah yang diterapkan untuk atasi burung macet bunyi 

1.Menyendirikan burung yang macet bunyi

Burung yang macet bunyi akibat trauma maupun ngedrop mental sebaiknya digantung di tempat yang tenang dan jauh dari suara burung lainnya yang gacor. Hal itu bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan kondisinya. 

Untuk membantu proses pemulihannya, anda dapat memutarkan audio terapi baik yang berupa suara air mengalir, suara hujan maupun suara lainnya. 

2. Memberikan asupan pakan yang cukup 

Memperhatikan kebutuhan pakannya, khususnya yang mengandung protein lebih tinggi. Untuk merangsang agar burung macet bunyi mau kembali mengeluarkan suara kicauannya, maka selama masa perawatannya tersebut pemberian pakan tambahah / ef seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong harus diberikan sesering mungkin dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

3. Mandi malam 

Beberapa spesies burung dapat meningkat birahinya ketika rutin diberikan mandi malam. Pada burung yang macet bunyi, mandi malam bisa diberikan dengan memperhatikan kondisi suhu dan cuaca saat itu. Setelah burung dimandikan malam, berikan pakan tambahan seperti jangkrik atau ulat hongkong untuk menjaga kondisinya.
 

4. Rutin pengembunan 

Pengembunan secara rutin dapat membantu mempercepat pemulihan burung yang macet bunyi. Gantung sangkarnya pada posisi di mana ia akan terkena cahaya matahari yang baru terbit. Sinar matahari yang muncul setelah waktu fajar sangat baik untuk kesehatan dan juga kondisinya.
 

5. Memberikan suplemen khusus

Jika macet bunyi sudah berlangsung cukup lama, maka anda dapat mencoba memberikan suplemen khusus yang bisa membantu melancarkan metabolisme burung. Suplemen khusus seperti Testobird Tooster sering digunakan kicaumania untuk mengatasi masalah burung kesayangannya yang macet bunyi.

Demikian artikel lima macam cara atasi burung macet bunyi.

Semoga manfaat dan salam kicau!

 




Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close