Luntur jawa, burung menawan dari tanah Sunda

2/20/2017
Luntur jawa (Apalharpactes reinwardtii) merupakan burung endemik pulau Jawa bagian barat. Jenis burung ini dapat ditemukan di tujuh lokasi hutan pegunungan yang ada di Jawa Barat, yaitu di Gunung Halimun, Gunung Salak, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Patuha-Tilu, Gunung Wayang,Gunung Papandayan, dan Ciiwidey. Walau begitu, burung dengan penampilannya yang menawan ini umum ditemukan di kawasan hutan Gunung Halimun. 

Luntur jawa, burung menawan dari tanah Sunda


Luntur jawa adalah burung berukuran besar dengan panjang tubuh mencapai 34 cm. Spesies burung ini sangat mudah diidentifikasi karena mempunyai bulu-bulu yang berwarna cerah. Tubuh bagian atas berwarna biru kehijauan, sedangkan tubuh bawah berwarna kuning dengan bagian dada tertutupi warna hijau tua. Paruh merah, dan kulit tanpa bulu di sekitar matanya berwarna biru.

Jenis burung ini masih memilki hubungan kekerabatan dengan luntur sumatera (Apalharpactes mackloti) dan pernah dianggap sebagai satu spesies sebelum akhirnya dipisahkan sebagai spesies tersendiri karena perbedaan morfologi. Selain itu, ukuran tubuh luntur sumatera lebih kecil daripada ukuran tubuh luntur jawa. 

Sayangnya, burung menawan yang berasal dari tanah Sunda ini berada dalam kondisi yang kian mengkhawatirkan. Populasinya di hutan-hutan di Jawa Barat tercatat hanya beberapa ratus pasang saja, dengan estimasi berjumlah sekitar 250 individu dewasa yang menempati kawasan hutan Gunung Geda dan Halimun. 

Walaupun burung luntur jawa berhabitat di area hutan lindung, namun populasinya akan terus menyusut jika terjadi alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian, serta ancaman dari penangkapan liar yang terus terjadi. 

Untuk melestarikan keberadaan luntur jawa ini, Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 telah menetapkan spesies burung cantik ini dalam daftar burung yang dilindungi. Sedangkan, Badan Konservasi Dunia atau IUCN telah menetapkan status burung ini sebagai Rentan Punah (VU).

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close