Mengatasi kaki anakan yang terlalu melebar / pengkor

2/15/2017
Sering terjadi kasus ketika anakan burung lovebird mempunyai kaki-kaki yang terlalu melebar atau istilahnya pengkor. Hal itu biasanya disebabkan oleh tempat sarang yang terlalu sempit sehingga anakan tersebut tergencet yang lain atau indukan, juga akibat burung indukan yang mengalami kekurangan nutrisi.


Mengatasi kaki anakan yang terlalu melebar / pengkor


Berikut adalah panduan bagaimana cara mengembalikan posisi kaki anakan burung yang terlalu melebar atau pengkor.

Mengatasi masalah kaki anakan yang melebar atau pengkor, anda hanya membutuhkan sebuah sponge yang biasa digunakan untuk make up wajah. Sponge tersebut biasanya mempunyai bahan yang tidak terlalu lembut tetapi juga tidak keras.


  • Potong sponge dengan menggunakan gunting hingga berbentuk persegi empat. Setelah itu buat dua buah lubang dengan jarak yang disesuaikan kaki anakan burung yang normal.
  • Ambil anakan burung lovebird yang kakinya melebar itu, lalu masukkan kedua kakinya ke dalam masing-masing lubang di sponge tersebut. 
  • Letakkan kembali anakan burung di dalam sarangnya. 
  • Kondisi tersebut akan membuat anakan merasa tidak nyaman, tapi lama kelamaan mereka akan terbiasa. Seiring dengan pertumbuhannya, kaki yang tadinya melebar itu akan menjadi normal kembali seperti anakan lain yang sehat.
  • Penggunaan sponge dapat dilakukan selama satu minggu, namun jika diperlukan terapi tersebut bisa dilakukan selama 8 - 14 hari. 

Setelah kaki-kaki anakan tersebut mulai normal kembali, penggunaan sponge bisa dihentikan dan anakan bisa kembali dirawat seperti biasanya. 

Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan solatif sepert pada gambar di bawah ini: 




Selamat mencoba  

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...