Tips ampuh hilangkan jamur di kaki kenari

2/28/2017
Kenari adalah jenis burung yang cukup popular dan banyak dipelihara. Selain disukai dengan suara aslinya yang ngerol, kenari juga mempunyai kemampuan menirukan suara burung lainnya. Namun jenis burung ini sangat rentan terserang jamur, terutama yang menyerang kaki-kakinya. Untuk itu, tips berikt akan mengulas bagaimana cara menghilangkan jamur di kaki kenari. 

Tips ampuh hilangkan jamur di kaki kenari



Masalah jamur yang terdapat pada kaki burung kenari terjadi akibat pola perawatan yang masih kurang, terutama dalam hal menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Sampah dari sisa-sisa kulit biji yang menumpuk dan bercampur kotoran di dasar sangkarnya bisa menjadi sarang parasit, bakteri, dan tempat berbiaknya jamur. 

Walaupun tidak mengurangi penampilannya, namun jamur yang menginfeksi dan berkembang di kaki burung kenari tentu akan menghambat aktivitasnya. Jika kondisi tersebut diabaikan, kemungkinan besar jamur akan terus membesar dan menjadi kerak / sisik. 

Untuk itu, pencegahan dan pengobatan terhadap kaki kenari yang terkena jamur itu harus segera dilakukan. Berikut tips menghilangkan jamur di kaki kenari.

  • Celupkan kaki burung kenari yang jamuran itu ke dalam air hangat, kemudian bagian yang berjamur itu diusap-usap dengan jari secara perlahan.
  • Setelah itu, keringkan dengan menggunakan tisu atau cukup diangin-anginkan saja.
  • Setelah kering, oleskan dengan bagian kaki yang berjamur itu dengan menggunakan salep anti jamur atau jika ingin hasil yang lebih efektif anda bisa menggunakan BirdCream.
  • Selama masa perawatan, kenari tersebut sebaiknya menggunakan sangkar baru atau sangkar yang masih bersih.
  • Adapun sangkar lamanya sebaiknya dibersihkan secara total untuk menghilangkan jamur, bakteri dan parasit yang masih menempel. 
  • Lakukan treatmen pengolesan salep / BirdCream setiap 1 - 2 hari sekali sampai jamur di kaki burung kenari tersebut telah benar-benar hilang. 

Selamat mencoba

Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait