Cara merawat burung cucak wilis, download suara kicauannya

3/11/2017
Cucak gunung atau lebih populer dengan sebutan burung rengganis atau cucak wilis adalah jenis burung yang cukup banyak dipelihara kicaumania di Indonesia. Suara kicauannya memang kurang bervariasi dan cenderung monoton, tapi irama yang dibawakannya sangat berirama. Selain mudah beradaptasi, perawatannya pun terbilang mudah sehingga banyak kicaumania yang tertarik memeliharanya sebagai klangenan atau bunyi-bunyian di rumah. 

Cara merawat burung cucak wilis



Dalam bahasa Inggris, cucak wilis dikenal dengan nama Orange-spotted bulbul dan bernama latin Pycnonotus bimaculatus. Spesies burung ini berukuran sedang, panjang tubuhnya sekitar 20 cm, berwarna coklat dan putih, tungging kuning, kekang dan bintik jingga yang khas ada di atas matanya. Bagian atas berwarna coklat zaitun, tenggorokan dan dada atas coklat kehitaman. Bagian dada berbintik coklat puth, perut putih, iris coklat, paruh dan kakinya berwarna hitam. 

Jenis burung ini merupakan burung endemik Indonesia yang hanya bisa ditemukan di hutan-hutan dalam wilayah Sumatera, Jawa dan Bali. Terdiri dari tiga sub-spesies dengan daerah persebarannya masing-masing, yaitu: 

  1. Pycnonotus bimaculatus snouckaerti yang tersebar di wilayah Sumatra bagian barat-laut.
  2. Pycnonotus bimaculatus bimaculatus yang tersebar di willayah Sumatra bagian barat-daya, Jawa bagian barat dan tengah. 
  3. Pycnonotus bimaculatus tenggerensis yang tersebar di wilayah Jawa bagian timur. 


Di alam bebas, burung cucak wilis menghuni kawasan hutan di pegunungan dengan ketinggian 800 - 3000 meter dpl, hingga ke zona cantigi gunung dekat puncaknya. Karena itu, tidak heran jika burung ini kerap ditemukan mulai dari lereng sampai puncak gunung, seperti di Merapi. 

Cucak wilis mempunyai suara kicauan yang sangat khas. Jika disebutkan, suaranya mirip suara kutilang namun dengan irama yang cepat, seperti "ciluk-culik-ciluk" atau "cak-cak-cu-ciluliuli" yang cukup kencang. 

Perawatan harian burung cucak wilis tidak jauh berbeda dengan perawatan burung dari jenis cucak-cucakan yang lain seperti kutilang maupun trucukan. Buah-buahan yang bervariasi mulai dari pisang hingga pepaya dan mangga dapat diberikan sebagai pakan tambahannya, sedangkan untuk serangga, burung ini sangat menyukai ulat hongkong dan jangkrik. 

Dalam perawatannya, burung cucak wilis sangat suka sekali mandi. Jika tidak diberikan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya, maka burung ini akan mandi dalam cepuk minumnya sehingga bisa mengotori air minumnya. Oleh karena itu, memandikan cucak wilis secara rutin setiap hari dapat membuatnya semakin rajin berbunyi.

Berikut beberapa suara kicauan burung cucak wilis untuk memancing bunyi: 

Semoga bermanfaat 
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close