Empat hal ini kerap diabaikan kicaumania, no 2 apalagi

3/30/2017
Memelihara burung kicauan tidak sekedar memberi makan dan minum lalu menggantung sangkarnya di teras agar berbunyi. Ada beberapa pola perawatan yang harus dilakukan, terutama untuk menjaga kondisi dari burung tersebut. Empat hal ini kerap diabaikan oleh kicaumania, apa sajakah itu? 

empat hal perawatan burung



Merawat burung peliharaan membutuhkan perhatian yang lebih serius, terutama karena mereka juga merupakan mahluk hidup yang sama-sama diciptakan oleh Tuhan. Dengan adanya perhatian tersebut maka mereka akan semakin terjaga kondisinya dan menjadikannya lebih rajin berbunyi. 

Adapun perhatian yang dilakukan oleh kicaumania terwujud dalam bentuk perawatan harian, yang meliputi pemberian pakan dan minum, memberinya mandi, menjemur, dan menjaga kesehatannya dari cuaca panas maupun dingin. 

Akan tetapi, sering dijumpai banyak kicaumania yang merawat burung mereka secara rutin, namun terkadang mengabaikan beberapa hal. Berikut empat hal yang kerap di abaikan oleh kicaumania. 

1. Menyimpan makanan burung 

Banyak kicaumania kerap mengabaikan hal penting ini yaitu menjaga kualitas dari makanan burung yang digunakan. Padahal kita semua tahu, apa yang dimakan oleh burung dapat menentukan kesehatan dari burung itu sendiri. 

Sampai hari ini pun masih banyak kicaumania yang terkesan asal-asalan menyimpan makanan yang akan diberikan untuk momongannya. Ada yang sekedar menggunting bagian ujung dari kemasan pakannya lalu dilipat dan dikat dengan karet setelah digunakan, ada juga yang dibuntel bersama dengan jenis pakan burung lainnya lalu dimasukkan dalam kantong kresek dan disimpan. Nah, anda termasuk tipe yang mana hayoo .. 

Menyimpan pakan burung secara asal-asalan apalagi disimpan di tempat yang tidak layak akan cenderung membuat makanan burung tersebut kemasukan udara, akibatnya pakan tersebut menjadi berjamur, bau apek, digerumuti semut, sampai menjadi makanan tikus. 

Selain itu, menyimpan pakan burung yang dibiarkan terbuka pun akan rentan terinfeksi tungau makanan. Jenis tungau ini dikenal dengan sebutan tungau tepung, dan akan berkembang biak dalam tempat penyimpanan pakan burung, misalnya voer atau biji-bijian. 

Kenapa kita harus menyimpan pakan burung dengan cara yang benar? Karena sebagian besar jenis pakan burung yang dijual di pasaran memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Kandungan nutrisi dari pakan tersebut bisa saja rusak jika dalam penyimpanannya tidak dilakukan dengan cara yang tepat, misalnya selalu terkena cahaya matahari, disimpan di tempat  yang terlalu lembab, dan tempat pakan selalu dibiarkan terbuka. 

Menyimpan pakan yang baik adalah dengan menuangkan voer atau pakan biji-bijian yang baru kita beli ke dalam wadah / toples yang memiliki tutup kedap udara. Jangan lupa masukkan pula silica gel yang berfungsi menjaga pakan tetap kering dan terhindar dari kelembaban. Dengan menyimpan pakan burung dalam wadah yang tertutup rapat, maka kualitas pakan tersebut akan selalu terjaga sehingga kandungan nutrisinya bisa dinikmati oleh burung yang mengonsumsinya. 

2. Penyajian makanan 

Selain menyimpan pakan dengan cara yang benar, penyajiannya ketika diberikan pada burung pun harus dilakukan dengan cara yang tepat. Pemberian pakan untuk burung peliharaan sebaiknya diatur maksimal untuk kebutuhan selama dua hari saja. Lebih dari itu pakan kemudian diganti dengan yang lebih segar. 

Pakan yang dibiarkan dalam cepuk pakannya selama berhari-hari memiliki resiko terkontaminasi bakteri atau jamur. Sehingga harus diganti dengan yang baru dalam waktu satu - dua hari. Selan itu, jangan biarkan ada sisa pakan yang masih menempel di cepuknya ketika akan menuangkan pakan baru yang masih segar, karena kemungkinan pakan bisa terserang jamur dan bakteri. 

3. Menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya 

Membersihkan sangkar dan perlengkapannya secara rutin bisa membantu menjaga kondisi dan kesehatan dari burung peliharaan di dalamnya. Membersihkan sangkar tidak hanya sebatas membuang kotoran dari bak penampung kotorannya saja tetapi juga dilakukan secara lebih menyeluruh, misalnya membersihkan tenggeran dari bekas kotoran, jamur, atau bahkan kutu yang menempel. 

Membersihkan cepuk pakan dan minumnya dari jamur atau lumut, juga membersihkan setiap sudut sangkar dengan menggunakan desinfektan khusus seperti FreshAves untuk mencegah dan membunuh tungau, bakteri, parasit, dan virus yang bisa menyerang momongan kita itu. 

4. Memilih pakan serangga yang sehat dan segar 

Pemberian serangga pun terkadang dilakukan dengan cara asal pilih saja, padahal banyak juga loh serangga seperti jangkrik atau ulat hongkong yang dapat menjadi pembawa penyakit karena kandang atau wadah yang digunakannya cenderung kotor dan berair. Oleh karena itu, jika EF serangga yang anda miliki itu sebagian besar sudah banyak yang mati atau berubah warna, atau bahkan sangat berbau, mending gak usah digunakan dan memberi pakan serangga yang masih segar. 

Simpan serangga tersebut dalam wadah yang terjaga kebersihannya, dan yang penting tidak menyimpannya di tempat yang sangat lembab atau terlalu kering, cukup dimpan pada suhu ruangan saja. 

5. Melengkapi kebutuhan multivitamin 

Kesehatan adalah hal paling penting yang harus dijaga, begitu pula ketika kita memelihara burung kicauan. Burung yang sehat tentu akan membanggakan tuannya dengan suaranya yang merdu dan bulu-bulunya yang indah. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu tidak cukup hanya dengan memberinya makanan dan minuman saja. 

Burung peliharaan berbeda dengan burung liar yang bisa mendapatkan beragam jenis makanan yang sangat bervariasi. Oleh karena itu, untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya, kicaumania perlu menyediakan suplemen multivitamin dalam perawatan hariannya. 

Berikan multivitamin sekelas BirdVit ke dalam air minumnya setiap dua - tiga hari sekali. Hal yang cukup sepele tersebut terbukti mampu menjaga kondisi burung dan membuatnya tetap aktif dan rajin berkicau. 


Itulah lima hal yang selama ini kerap diabaikan oleh kicaumania.

Semoga manfaat



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
close